Kenapa Ya..? Pasca Touring Sinergitas TNI-Polri di Kebun Tebu, Banyak Peserta yang Diare

Kenapa Ya..? Pasca Touring Sinergitas TNI-Polri di Kebun Tebu, Banyak Peserta yang Diare

Salah satu peserta touring yang sedang menjalani perawatan di Puskesmas--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berdasarkan data dari Puskesmas Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat sebanyak 17 orang peserta olahraga touring dalam rangka meningkatkan Sinergitas TNI-Polri, Polres Lambar dan Kodim 0422/Lambar yang diberikan pengobatan bahkan diantaranya ada yang masih menjalani observasi.

Setelah mengalami sakit perut (diare) dan mencret setelah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Kebun Tebu Sabtu pekan kemarin.

Kepala Puskesmas Kebun Tebu NS Hendri Saputra, S.Kep., saat dikonfirmasi, Senin (5/6) membenarkan perihal belasan peserta touring yang melakukan pengobatan karena mengalami sakit perut dan diare setelah melakukan touring tersebut.

Namun pihak Puskesmas tidak mengetahui penyebab diare masal tersebut apakah akibat keracunan makanan atau ada penyebab lainnya.

BACA JUGA:Masuk Kloter 57, Ini Jadwal Keberangkatan CJH Asal Pesisir Barat

"Kita tidak mengetahui apa penyebabnya apakah akibat salah makanan atau salah minuman hanya saja jika dari kedua bahan tersebut tentunya peserta yang hadir mencapai puluhan orang sementara yang kita tangani sebanyak 17 orang artinya jika keracunan tentu semua mengalami," sebutnya.

Hendri menyebutkan dari 17 yang diberikan pengobatan mayoritas sudah kembali ke rumah dengan kondisi sembuh hanya ada yang memang masih diobservasi karena mungkin faktor fisik yang lemah jadi butuh perawatan yang lebih intensif. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum dari lapangan, diatas gunung peserta touring memakan sate dan sop kambing yang dagingnya dibeli dari Kecamatan Air Hitam serta bumbu dibawa dari Kebun Tebu oleh peserta.

Diduga penyebab diarenya para peserta salah satunya dimungkinkan setelah sate kambing tersebut. 

BACA JUGA:Soal PP 26 Tahun 2023, Ini Respon Pemprov Lampung

Peserta juga belum tahu apa penyebabnya apakah karena adanya bumbu yang telah kadaluarsa namun tidak terkontrol atau mungkin ada hal lain namun semua yang mengalami sakit semuanya sudah ditangani secara medis di fasilitas Kesehatan terdekat di wilayah masing-masing. 

Saat ini pihak Polsek Sumber Jaya juga masih mendalami penyebab terjadinya diare yang dialami oleh para peserta apakah karena salah makanan atau karena ada penyebab lain yang mengindikasikan terjadinya diare.

Dikabarkan juga beberapa peserta dari kecamatan lain ada yang mengalami sakit serupa dan tengah menjalani perawatan, dengan keluhan badan lemas.

Sekedar diketahui, kegiatan touring sekaligus patroli diikuti oleh Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.IK MH., beserta Dandim 0422/Lb Letkol CZI Anthon wibowo dan Ketua DPRD Lambar Edi novial, S.Kom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: