Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Ini Penyebabnya

Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Naik, Ini Penyebabnya

Gerbang tol Terbanggi Besar-Foto INSTAGRAM@hutamakarya-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tarif tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) akan mengalami kenaikan mulai Kamis 25 Mei 2023 pukul 00.00 WIB.

PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol trans Sumatera (JTTS) mengumumkan bahwa Penyesuaian tarif tol sepanjang 140 km ini disebabkan oleh biaya perawatan yang semakin meningkat.

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pada hari Selasa, tanggal 23 Mei 2023, PT Hutama Karya melalui Direktur Operasi III Koentjoro, menegaskan bahwa kenaikan tarif tol ini dilakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Dengan melakukan penyesuaian tarif ini, kami bertujuan menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi jalan tol dan berdampak pada keberlanjutan jalan tol ini," katanya.

BACA JUGA:Sakit, Dua CJH Lambar Ajukan Penundaan Jelang Pemberangkatan

"Selain itu, mengingat Tol Bakter memiliki panjang hingga 140 km, biaya maintenance dari tahun ke tahun juga semakin meningkat. Kami juga telah melengkapi banyak fasilitas untuk mengoptimalkan pengoperasian Tol Bakter, sehingga penyesuaian tarif ini juga telah diiringi dengan peningkatan layanan yang ada," tambah Koentjoro.

Koentjoro juga menjelaskan bahwa penyesuaian tarif jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar telah melalui diskusi bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

Bahkan, Hutama Karya melibatkan key opinion leader (KOL) sebelum mengambil keputusan tersebut.

Namun sayangnya hingga kini pihak Hutama Karya belum membocorkan besaran tarif baru yang akan berlaku mulai besok. 

BACA JUGA:Syarat Diangkat PNS, 95 CPNS Lambar Ikuti Latsar

Koentjoro menyebutkan bahwa besaran tarif baru akan diumumkan setelah surat keputusan (SK) dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono diterbitkan.

Ia menekankan bahwa tarif baru hanya berlaku di Tol Bakter. Dengan demikian, para pengendara yang menggunakan JTTS dari gerbang (GT) Terbanggi Besar hingga GT Kayu Agung masih akan menggunakan tarif normal.

"Namun, sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah setia memilih Tol Bakter sebagai alternatif perjalanan sejak 2018, kami memberikan diskon tarif baru hingga 20 persen di seluruh gerbang tol yang terdapat di ruas Tol Bakter mulai berlaku pada tanggal 25 Mei 2023," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: