Padat Karya Tunai, Pekon Bumi Jaya Buka Badan Jalan Sepanjang 500 Meter

Padat Karya Tunai, Pekon Bumi Jaya Buka Badan Jalan Sepanjang 500 Meter

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat khususnya petani, Pemerintah Pekon Bumi Jaya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat di tahun anggaran 2023 ini kembali membuka badan jalan di Pemangku Talang Ilir sepanjang 500 meter dan lebar 2 meter yang diprogramkan melalui Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang dimulai pada, Kamis (18/5/2023).

Mengawali pembukaan badan jalan pada titik nol tersebut, hadir Pj Peratin Peratin Bumijaya Pajrianto, Juru Tulis Joni Hafiz, Pendamping Desa Juksan Tara, S.T., Babinsa, Babinkamtibmas serta puluhan masyarakat dilibatkan dalam pembukaan badan jalan tersebut.

BACA JUGA:SDM PKH Lakukan Survei Butab dan KKS ke Seluruh KPM

Pj Peratin Bumijaya Pajrianto mengatakan pembukaan badan jalan pemangku itu menjadi salah satu prioritas program dana desa tahun 2023 tepatnya pada tahap pertama.

Ia menyebut, alasan pentingnya pembukaan badan jalan itu ialah sebagai akses untuk kegiatan bertani dan berkebun.

BACA JUGA:Ini Formasi CPNS 2023 di 8 Kementerian Untuk Lulusan SMA/SMK

“Mayoritas masyarakat Pekon Bumi Jaya ini adalah petani, sehingga ketersediaan akses jalan menjadi skala prioritas, untuk itu tahun ini kita kembali programkan pembukaan badan jalan melalui PKTD. Mereka (masyarakat) selain sebagai penerima manfaat, masyarakat juga dilibatkan langsung sebagai pekerja dan tentunya mendapat upah,” ujarnya.

Dijelaskannya, pembukaan badan jalan sepanjang 500 meter tersebut dilakukan secara bertahap, artinya setelah dibuka hari ini kegiatan akan berlanjut di waktu-waktu tertentu seperti saat hari libur atau akhir pekan.

BACA JUGA:Rp800 Juta Tali Asih Atlet Lambar dan Pelatih Berprestasi di Porprov IX Dibagikan

“Tentunya program PKTD yang kita gulirkan ini membawa manfaat, selain sebagai penerima manfaat juga untuk membantu menambah pendapatan masyarakat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari,” terang dia.

Lebih lanjut Pajrianto menuturkan bahwa peningkatan dan pembukaan pembukaan akses jalan yang dilakukan sejak beberapa tahun lalu diharapkan dapat mendukung kemudahan masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari utamanya untuk bertani dan berkebun sehingga lahan yang ada bisa tergarap dengan maksimal.

BACA JUGA:Atlet Renang Lambar akan Wakili Lampung di Kejurnas di Jakarta dan Popnas di Palembang

“Lokasi jalan ini berada di tengah lahan perkebunan kopi masyarakat, dengan tersedianya badan jalan nanti, Insya Allah di tahun yang akan datang akan kita bangunan secara permanen sehingga memadai dan nyaman dilalui,” imbuh dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: