Rp800 Juta Tali Asih Atlet Lambar dan Pelatih Berprestasi di Porprov IX Dibagikan

Rp800 Juta Tali Asih Atlet Lambar dan Pelatih Berprestasi di Porprov IX Dibagikan

Ketua KONI Lambar menyerahkan tali asih untuk atlet dan pelatih berprestasi di Poprov IX--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lampung Barat, membagikan tali asih untuk atlet dan peraih medali, pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX di Bandar Lampung 2022.

Penyerahan tali asih dengan total Rp800 juta bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lambar tahun anggaran 2023 tersebut, diserahkan langsung oleh Ketua Umum KONI Lambar Hi. Parosil Mabsus dipusatkan di Sekolah Kopi, Pekon Suka Jaya, Kecamatan Sumber Jaya, Kamis (18/5/2023).

Dalam kegiatan itu tampak hadir Ketua KONI Lambar Parosil Mabsus, Ketua Harian KONI Lambar Bambang Kusmanto serta jajaran pengurus, Penjabat (Pj) Bupati Lambar yang diwakili kepala Disporapar Dahlin, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Anggota Bidang Organisasi KONI Lampung Ulul Azmi Soltiansa, dan para atlet serta pelatih peraih medali Porprov Lampung IX.

Ketua Panitia Pelaksana Padang Prio Utomo mengungkapkan,  tali asih tersebut diberikan untuk atlet dan pelatih peraih medali emas, perak dan perunggu, dengan rincian sebanyak 130 medali dan 14 pelatih. 

BACA JUGA:Atlet Renang Lambar akan Wakili Lampung di Kejurnas di Jakarta dan Popnas di Palembang

Besaran tali asih yang diberikan yakni untuk atlet Rp8 juta untuk medali emas, Rp4,5 juta untuk medali perak dan Rp2,5 juta untuk medali perunggu.

Sementara untuk pelatih, peraih medali emas pertama sebesar Rp8 juta, kemudian emas kedua dan selanjutnya Rp500 ribu, pelatih medali perak Rp4 juta dan medali perak kedua dan selanjutnya Rp300 ribu, lalu untuk pelatih peraih medali perunggu pertama Rp2,5 juta, dan medali perunggu selanjutnya Rp200 ribu. 

"Selain itu, untuk atlet beregu Futsal meraih berhasil meraih medali perak mendapatkan tali asih sebesar Rp25 juta," ungkap Padang.

Dikatakan Padang, pada Porprov IX 2022 lalu Lampung Barat mengikuti 19 Cabang Olahraga yang terdiri dari Atletik, Bola Basket, Bola Volly, Bulutangkis, Catur, E-Sport, Futsal, Gulat, Karate, Kempo, Kick Boxing, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Renang, Sambo, Taekwondo, Tarung Derajat, dan Tenis Meja. 

BACA JUGA:Uang Koin Langka Pecahan Rp850 Ribu Berbahan Emas 23 Karat Diburu Kolektor

"Jumlah kontingen Lampung Barat sebanyak 185 orang yang terdiri peserta dari 19 Cabang Olahraga diantaranya 14 Cabang Olahraga berhasil memperoleh prestasi terbaik dengan perolehan medali berupa Medali Emas, Medali Perak, dan Medali Perunggu," sebutnya.

"Ke- 14 Cabang Olahraga tersebut adalah Renang, Karate, Taekwondo, Pencak Silat, Tarung Derajat. Panjat Tebing, Futsal, Gulat, Panahan, Kempo, Atletik, Sambo, Kick Boxing, dan Catur. Jumlah Atlet peraih Medali (Emas, Perak, Perunggu) sebanyak 130 medali," sambungnya.

Terusnya, pada ajang Porprov kali ini,  Lampung Barat telah berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan. Jika dibandingkan dengan Porprov sebelumnya, prestasi Kabupaten Lampung Barat di dunia olahraga pada ajang provinsi, meningkat cukup drastis. Hal tersebut terlihat dari capaian perolehan medali baik Medali Emas, Medali, Perak, maupun medali perunggu.

"Jika dibandingkan dengan perolehan sebelumnya pada Porprov VIII Kabupaten Lampung Barat berhasil memperoleh 27 Medali Emas, sementara pada Porprov IX Kabupaten Lampung Barat berhasil membawa pulang 45 Medali Emas, 32 Medali Perak, dan 69 Medali Perunggu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: