Pengangguran Lulusan SMK Capai 49 Persen, Ketua MKKS : Jadi Wirausahawan

Pengangguran Lulusan SMK Capai 49 Persen, Ketua MKKS : Jadi Wirausahawan

Ilustrasi-freepik.com-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Provinsi Lampung Edy Harjito memberi apresiasi atas Kelulusan bagi para Siswa dan mendorong untuk menjadi Wirausaha secara mandiri.

Ketua MKKS SMK Provinsi Lampung Edy Harjito mengatakan, pihaknya memberi apresiasi atas kelulusan bagi para siswa, juga diharapkan untuk bisa menjadi wirausahawan.

"Lapangan pekerjaan bagi lulusan SMK ini belum memadai, maka dari itu kita dorong untuk jadi wirausaha secara mandiri," kata dia, Sabtu (7/5)

Lanjutnya, untuk tingkat pengangguran dari lulusan SMK di Lampung mencapai 49 persen.

BACA JUGA:Peserta Tunanetra Ini Ikut Lomba Baca Al-Quran dengan Belajar dari Rekaman


Ketua MKKS SMK Provinsi Lampung Edy Harjito--

Sebab karena pertumbuhan ekonomi yang melambat, sehingga dunia usaha tidak membuka lapangan pekerjaan baru.

"Jadi untuk lulusan SMK memang diarahkan untuk bisa menjadi wirausahawan. Karena mereka telah dibekali soft skill," ungkapnya.

Diketahui sebanyak 59 siswa SMK di Lampung tidak lulus. Terbanyak di kota Bandar Lampung selain itu dari Kabupaten Lampung Timur.

Hal Tersebut disampaikan Kabid Pembinaan SMK Disdikbud Lampung Zuraida Kherustika mengatakan, pengumuman kelulusan untuk tingkat SMA dan SMK telah dilakukan pada Sabtu 6 mei tahun 2023 dini hari secara online.

BACA JUGA:Bergumul dengan Lumpur, Masyarakat Papahan Berharap Pemkab Lambar Bangun Jalan

Untuk SMK, dari 46.568 siswa, hanya 46.509 orang yang lulus sekolah. yang tidak lulus disebabkan tidak memenuhi persyaratan kelulusan.

"Sebagian siswa yang tidak lulus diantaranya tidak mengikuti ujian, ada yang keluar sekolah atau berhenti sebab dinikahkan keluarganya, ada juga yang memilih untuk bekerja," ungkapnya,

Terhitung beberapa siswa yang tidak lulus seperti di kota Bandar Lampung ada 15 siswa, Timur ada 15, Kota Metro ada 14, Way Kanan ada 5, Tanggamus ada 4, Lampung Selatan ada 2, Lampung Utara 2, orang. Kemudian Pringsewu hanya satu dan  Pesisir Barat satu 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: