Melepas Penat dengan Berwisata di Gunung Dempo Pagar Alam

Melepas Penat dengan Berwisata di Gunung Dempo Pagar Alam

Gunung Dempo Pagar Alam--

Letusan abu juga disertai kegempaan skala II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang berdurasi selama 290 detik.

"Asap kawah nihil cuaca cerah, berawan, dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara, timur, dan selatan. Suhu udara 19-28 derajat Celcius," katanya.

Dengan aktivitas tersebut, petugas pos pengamatan mengeluarkan status Gunung Api Dempo (3.173 mdpl) yang meliputi wilayah Lahat, Empat Lawang, Kota Pagaralam itu, berada di level II atau Waspada.

BACA JUGA:Bima dan Lampung

Gunung Dempo memang menjadi salah satu favorit para pendaki karena jalur pendakian dengan tingkat kesulitan yang beragam. 

Selain itu, gunung dengan ketinggian 3.159 mdpl ini juga dikenal ramah bagi kalangan pendaki pemula.

Tidak hanya soal panoramanya yang indah, ada beberapa keunikan lainnya yang menarik perhatian dari Gunung Dempo ini.

Salah satunya penunjuk jalan pendakian. Menariknya, para pendaki tidak diarahkan dengan ukuran meter di gunung ini, melainkan dengan 99 nama-nama baik Allah SWT atau Asmaul Husna.

BACA JUGA:Gubernur Lampung Tak Tahu Nama Daerah saat Ditanya Presiden Jokowi

Di awal perjalanan, Gunung Dempo sudah memamerkan keunikannya dalam bentuk sebuah kali. Konon, kata sang pemandu, kali jernih itu digunakan orang zaman dahulu untuk berwudhu sebelum mendaki.

“Konon zaman dulu orang mendaki Dempo harus ambil wudhu dulu, membersihkan badan, biar selamat sampai atas. Dari tahun 60-an sudah tertera di situ," ujar sang pemandu sepanjang jalur ada 99 Asmaul Husna.

"Ini kita baru ketemu yang pertama, Ar-Rahman. Nanti ke depan jarak berapa langkah kaki ada lagi yang lain, agar kita selalu mengingat nama-nama baik Allah Subhanahu wa ta'ala," ucap salah satu rekan Fiersa Besari dalam video tersebut. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: