Lantunkan Lagu 'Sai Lagi', Peratin Berdarah Sunda Buat Tamu Undangan Tercengang

Lantunkan Lagu 'Sai Lagi', Peratin Berdarah Sunda Buat Tamu Undangan Tercengang

Peratin Purawiwitan Karyanto saat melantunkan lagu Lampung berjudul 'Sai Lagi'--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Karyanto S.E, Peratin Purawiwitan, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) membuat para tamu undangan dan keluarga besar Sohibul hajat, warganya yang mengadakan pesta pernikahan tercengang.

Pasalnya sang peratin yang diperkenankan menyampaikan sambutan dan diberi waktu untuk bernyanyi Minggu (7/5) melantunkan lagu daerah Lampung dengan sangat merdu bersama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda kecamatan tersebut yang juga anggota DPRD Lambar Tomi Ardi, S.H.

BACA JUGA:Merusak Warung saat Tawuran, Dua Remaja Diamankan Polisi

Keterpanaan warga mendengarkan lagu yang berjudul Sai Lagi atau (sekali lagi) duet Karyanto dam Tomi, bukan tanpa alasan.

Pasalnya, Kang Karyanto berdarah asli Sunda, banyak warga dari suku tersebut yang sulit untuk berbahasa Lampung, bahkan meskipun bisa logat sundanya masih sangat tampak. 

BACA JUGA:Kode Redeem FF 7 Mei 2023, Klaim Skin Gratis Sebelum Keduluan Survivor Yang Lain

Din, salah satu warga di pekon tersebut mengakui, dirinya saja yang asli Lampung tidak seindah Karyanto dalam menyanyikan lagu ‘Sai Lagi’ ciptaan artis Lampung Nuridosia yang cukup populer di kesenian Lampung tersebut. 

"Saya mendengarkan lantunan lagu yang dinyanyikan Pak Peratin cukup merinding dan merasakan satu kebanggaan tersendiri, bahkan dengan mendengar nyanyian itu saya menyebut Kang Karyanto dengan panggilan Karyanto Sulam (Sunda Lampung)," ungkapnya.

BACA JUGA:Diadopsi Berbagai Negara, Ideologi Pancasila Mendunia

Karyanto sendiri mengatakan, meski secara suku dirinya Sunda. Namun dalam keseharian sejak masih kecil pria yang lahir di Pekon Purawiwitan itu juga berbaur bersama warga suku Lampung. 

Bahkan dalam banyak momen acara dan dalam kehidupan dia kerap kali ikut sehingga mengetahui persis tradisi Lampung. 

BACA JUGA:Bima dan Lampung

"Bagi saya Sunda dan Lampung memang sudah menjadi bagian dari darah saya, dan jika kita hayati kesenian Lampung dan Sunda termasuk Semendo dan Jawa semuanya indah dan betul-betul menjadi salah satu sarana dalam menjaga kerukunan," ungkap pria yang juga memahami empat bahasa daerah yakni Sunda, Lampung, Semende dan Jawa tersebut. 

Karyanto yang juga Ketua Karang Taruna Indonesia (KTI) Kecamatan Kebun Tebu tersebut berharap kesenian daerah yang kaya di Kabupaten Lambar tersebut menjadi salah satu daya pikat disektor wisata yang juga terus bertumbuhan di Bumi Skala Bekhak itu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: