Kecamatan Sumber Jaya Gelar Rakor Regsosek

Kecamatan Sumber Jaya Gelar Rakor Regsosek

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kecamatan Sumber Jaya, kabupaten Lampung Barat menggelar rapat koordinasi (rakor)  Fasilitator, Forum Konsultasi Publik (FKP), Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dalam rangka persiapan sensus pertanian Tahun 2023 di aula kantor kecamatan Jumat (5/5).

Acara yang dipimpin langsung Camat Sumber Jaya Agus Hadi Purnama, S.Ip tersebut diikuti berbagai elemen pemerintah kecamatan bersama Kapolsek Sumber Jaya Kompol Ery Hafri, S.H, M.H dan Danramil Sumber Jaya Kapten Arm  Iwan Sudrajat, serta para peratin dan lurah di kecamatan itu.

BACA JUGA:Agus Istiqlal Rolling Puluhan Pejabat di Lingkungan Pemkab Pesbar

Seperti diketahui hasil pendataan awal Regsosek yang telah dilaksanakan oleh BPS pada Oktober 2022 lalu yang bertujuan untuk menyediakan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

Agus menyampaikan bahwa pemanfaatan data kondisi ekonomi seluruh penduduk ini akan membantu program pemerintah sehingga bisa berjalan efektif, baik program kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan lain lain.

BACA JUGA:Pulang Pengajian, Pria Paruh Baya Alami Lakalantas di Jalan Nasional Way Tenong

Untuk itu, diperlukan data yang faktual dan akurat. Keakuratan itu tentu ketika pendataan dilakukan secara nyata, faktual, dan ada unsur kejujuran.

Harapannya, dengan pendataan regsosek itu menjadi basis data utama. Yang nantinya akan digunakan sebagai rujukan kebijakan pemerintah untuk menyusun perencanaan kedepan

BACA JUGA:Lampung Jadi Trending Topik Lagi, Video Mobil Jokowi Libas Jalan Rusak Lampung Viral

Lanjut dia, keterlibatan masyarakat menjadi hal penting untuk mendapat kesepakatan bersama sehingga ketika dikeluarkan kebijakan yang berbasis data, tidak ada kontra produktif dengan hal yang ada di lapangan ditengah masyarakat. 

Momentum ini juga sebagai wadah untuk mensosialisasikan kerja-kerja dan kebijakan pemerintah serta meminimalisir kekeliruan dalam penyusunan kebijakan.

BACA JUGA:Petugas Rutan Krui Temukan Ini Saat Penggeledahan Blok Kamar Hunian

Pihaknya menekankan bahwa FKP Regsosek ini adalah upaya pengambilan keputusan yang sangat penting dalam mengambil sikap bersama dan keputusan bersama untuk selanjutnya menjadi titik langkah mensukseskan FKP di tingkat pekon, yang melibatkan Pemangku, RT, Tokoh Masyarakat, LHP dan perangkat/unsur penting lain. 

Untuk itu dia meminta peratin mendukung secara penuh dan dapat memfasilitasi, mengawasi dan membersamai kegiatan sensus ini, agar bergandeng tangan sehingga mampu mewujudkan data faktual akurat yang dapat dijadikan landasan dalam pengambilan kebijakan oleh pemerintah maupun organisasi-organisasi lain yang membutuhkan data rujukan dalam menyusun program masing-masing di pekon dalam wilayah Kecamatan Kebun Tebu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: