Asah Kemampuan, WBP Rutan Krui Ikuti Bimker

Asah Kemampuan, WBP Rutan Krui Ikuti Bimker

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebagai sarana untuk mengasah keterampilan yanb dimiliki Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini terus memaksimalkan program bimbingan kerja (Bimker) terhadap WBP selama menjalani masa pidana di Rutan setempat.

Kepala Rutan Kelas IIB Krui, M.Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., memgatakan bahwa, setiap WBP yang ada di Rutan Krui ini memiliki keahlian dan keterampilan yang beragam, sehingga melalui program bimker yakni pembinaan kemandirian ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki WBP.

BACA JUGA:Salurkan BLTDD Di Puramekar Tati Berharap Bantuan Mampu Dongkrak Ekonomi Warga

"Melalui kegiatan ini juga warga binaan dapat menambah pengetahuan baru dan dapat menjadi bekal untuk melanjutkan kehidupan di tengah-tengah masyarakat ketika bebas nanti," kata Hendra.

Hendra mengatakan bahwa, program pembinaan kemandirian ini merupakan salah satu hak yang dimiliki oleh WBP. 

BACA JUGA:Jaga Lingkungan Tetap Bersih Usai Puasa Warga Karang Agung Serentak Gotong Royong

Fasilitas ini diberikan selama mereka menjalani masa pidana disini, sehingga skill ataupun kemampuan yang dimiliki tidak memudar dan bahkan dapat menambah wawasan baru.

"Adapun program pembinaan kemandirian yang terdapat di Rutan Krui ini yakni pembuatan jaring ikan (jala), kerajinan kayu, menjahit, kerajinan anyaman bambu, pembuatan orak arik punti nipah, dan kerajinan tangan lainnya. 

BACA JUGA:4.888 Muzaki di Lambar Percayakan Penyaluran Zakat Fitrah Melalui Baznas

"Dengan kreatifitas yang dimiliki WBP, bahan limbah tersebut dapat berubah menjadi barang yang memiliki fungsi dan dapat bernilai uang," ujarnya.

Lanjutnya, pihak petugas akan terus berupaya mendorong warga binaan Rutan Krui menjadi kreatif, produktif, dan mengikuti perkembangan pengetahuan terbaru agar selesai menjalani masa pidananya mereka mempunyai bekal keterampilan. 

BACA JUGA:Miliki Empat Paket Sabu, Dua Pemuda Diamankan Sat-Res Narkoba Polres Lambar

Selain itu hasil karya dari warga binaan ini akan dipasarkan kepada petugas dan masyarakat. Sehingga dapat mendorong semangat warga binaan untuk dapat terus meningkatkan kualitas dari karya yang telah dibuat sebelumnya.

"Kita berharap kegiatan pembinaan yang dilaksanakan selama menjalani sisa hukuman di Rutan Kelas IIB Krui tidak sia-sia, sehingga saat bebas nanti dapat memperbaiki derajat keluarga, ekonomi dan tidak mengulangi tindak pidana,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: