4.888 Muzaki di Lambar Percayakan Penyaluran Zakat Fitrah Melalui Baznas

4.888 Muzaki di Lambar Percayakan Penyaluran Zakat Fitrah Melalui Baznas

Ketua BAZNAS Lambar Abdul Rosid--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun ini berhasil menghimpun dan mendistribusikan Zakat fitrah berupa beras sebanyak 9,8 ton dan uang tunai sebesar Rp13,7 juta.

Penghimpunan tersebut berasal dari zakat fitrah masyarakat Lambar melalui beberapa sumber. 

BACA JUGA:Miliki Empat Paket Sabu, Dua Pemuda Diamankan Sat-Res Narkoba Polres Lambar

Selain masyarakat yang datang langsung untuk menyerahkan zakat nya ke Kantor BAZNAS Lambar, pembayaran melalui online, penghimpunan juga didapatkan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Lambar yang tersebar di seluruh wilayah Lambar dengan total jumlah Muzaki sebanyak 4.888 orang. 

Anggota Polres Lambar dan Pegawai Kementerian Agama Lambar, serta sejumlah anggota Forkompinda juga tercatat menunaikan Zakat Fitrah nya melalui BAZNAS Lambar.

BACA JUGA:Kedatangan Jokowi Disambut Gubernur Arinal dan Langsung Menuju Pasar Natar

Zakat yang telah terkumpul tersebut kemudian didistribusikan kepada mustahik sebanyak 2.101 orang. 

Capaian tersebut juga merupakan hasil penghimpunan dan pendayagunaan dari 21 UPZ yang telah melaporkan hasilnya kepada BAZNAS Lampung Barat.

BACA JUGA:Makanan Minuman dan Herbal Pembersih Ginjal Alami

“Capaian ini merupakan hasil penghimpunan dan pendistribusian yang dilaksanakan juga oleh UPZ Masjid BAZNAS. Saat ini kita sudah memiliki lebih dari 100 UPZ masjid tersebar di seluruh Lambar. UPZ ini merupakan perpanjangan tangan BAZNAS Lambar untuk melaksanakan penghimpunan Zakat dan Infak. Selan itu, UPZ juga kita berikan tugas untuk mendistribusikan hasil penghimpunan nya kepada mustahik yang ada di lingkungan sekitar UPZ masing-masing,” ujar Ketua BAZNAS Lambar Abdul Rosid.

Masyarakat, kata Rosid, dapat mengusulkan pembentukan UPZ di setiap Masjid, Mushola, dan Lembaga/badan yang melakukan pengelolaan zakat dan infak, kepada BAZNAS Lambar, agar kedudukan sebagai amilin tidak diragukan lagi.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Selain itu juga, pengelolaan zakat dan infaq dapat lebih terkoordinir dengan baik dan terintegrasi dengan BAZNAS kabupaten , Provinsi hingga Baznas RI, serta zakat yang dikelola tersebut dapat memberikan kesejahteraan kepada umat secara merata.

Terkait dengan program zakat konsumtif BAZNAS Lambar, Abdul Rosid, mengatakan, tahun ini BAZNAS Lambar mendistribusikan 1.100 paket sembako kepada para mustahik Fakir, Miskin, dan Fisabilillah seperti para Da’i dan penyuluh agama. Para mustahik tersebut tersebar pada 15 kecamatan di Lambar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: