Belasan Tahun Vakum, Pekon Bedudu Kembali Gelar Sekura dengan Meriah

Belasan Tahun Vakum, Pekon Bedudu Kembali Gelar Sekura dengan Meriah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Setelah vakum selama belasan tahun. Pekon Bedudu, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) kembali menyelenggarakan Pesta Topeng (Sekura) Panjat Pinang Seribu Wajah, pada 4 Syawal tepatnya Rabu (25/4).

Cuaca cerah, pengunjung yang membludak dengan istilah 'setapalan pelimban ngekimuk' menjadikan suasana pesta sekura berlangsung meriah. 

BACA JUGA:Hari Pertama Masuk Kerja Pasca Libur Lebaran, Pj Bupati Lambar akan Lakukan Evaluasi

Tampak beragam bentuk topeng sekura yang datang dari tiga kecamatan yakni Belalau, Batu Brak dan Batu Ketulis serta dari kecamatan lainnya yang sengaja datang untuk menyaksikan perhelatan sekura, merasa senang dapat kembali berkunjung ke pekon tersebut.

Salah satunya Amsari dari Pekon Batu Kebayan, mengatakan, Pekon Bedudu merupakan salah satu pemukiman tua di Kabupaten Lambar, bahkan dulu kala wilayahnya hingga Kecamatan Sekincau dan Batu Ketulis. 

BACA JUGA:Ketua DPK PPNI Batu Brak Kecam Penganiayaan Terhadap dr Carel

Artinya perhelatan sekura di masa itu memang menjadi agenda rutin di pekon tersebut dalam rangka memfasilitasi silaturahmi antar masyarakat adat lampung khususnya. 

"Ya jujur saja peralatan pesta sekura di Pekon Bedudu ini merupakan salah satu lokasi yang saya tunggu-tunggu karena memang dari dulu pekon ini merupakan salah satu penyelenggara kegiatan sekura yang menjadi agenda tahunan masyarakat adat Lampung dalam rangka merayakan hari kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa ramadhan," ungkapnya.

BACA JUGA:Momen Libur Lebaran, Pengunjung KRL Turun Hingga 25 Persen

Begitu juga dikatakan Supandi yang memiliki keturunan dari Pekon Bedudu, berharap kegiatan pesta sekura di pekon tersebut tahun depan dan tahun-tahun berikutnya menjadi agenda rutin. 

Karena kata dia salah satunya melalui pesta sakura itulah masyarakat dapat kembali bersilaturahmi di Pekan tersebut yang letaknya berada lebih kurang satu kilometer dari ruas jalan nasional di Pemangku ll Way Semangka. 

BACA JUGA:Diduga Bunuh Diri, Pedagang Pakan Burung Ditemukan Tewas Tergantung

Ketua panitia kegiatan sekura 4 Syawal Pekon Bedudu Egi Septino, melalui panitia Asmuni menyampaikan rasa syukur tahun ini khususnya masyarakat pekon dapat kembali menyelenggarakan pesta sekura. 

Tersajinya lagi acara tersebut tak lepas dari kekompakan dan kebersamaan baik lingkup muda-mudi maupun dewasa, masyarakat pekon tersebut pada umumnya serta dukungan penuh dari pemerintah pekon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: