Kenalkan Ciri Khas Lambar, Puskesmas Batu Brak Kenakan Atribut Sekura Ikuti Lomba Senam HKN

Kenalkan Ciri Khas Lambar, Puskesmas Batu Brak Kenakan Atribut Sekura Ikuti Lomba Senam HKN

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - UPT Puskesmas Batu Brak menjadi perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat untuk mengikuti lomba Senam Lampung Berjaya dalam rangka hari memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tahun 2023 yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Lampung di halaman kantor dinas setempat, Minggu (19 November 2023). 

Dalam lomba itu, Lampung Barat meraih juara harapan 1 setelah para peserta yang merupakan tenaga kesehatan UPT Puskesmas Batu Brak menampilkan senam dengan mengenakan atribut topeng sekura kecah sebagai salah satu ciri khas budaya di bumi berjuluk beguai jejama sai betik ini.

Kepala UPT Puskesmas Batu Brak Nezwan, S.K.M., mendampingi kadiskes Lambar dr Widyatmoko Kurniawan S.Pb., mengatakan, perayaan HKN tahun 2023 ini salah satunya di meriahkan dengan lomba senam yang diikuti oleh 32 tim yang merupakan perwakilan dari setiap Dinas di 15 kabupaten/kota.

“Untuk Dinkes Lambar diwakili oleh UPT Puskesmas Batu Brak. Keikutsertaan tim di dampingi langsung oleh Kadiskes Lambar dan alhamdulillah kita mendapat juara harapan 1 yang tentunya patut kita syukuri dan banggakan,” ungkap Nezwan.

BACA JUGA:Bantuan El Nino Hanya untuk PKH dan BPNT?

Dalam lomba itu, terusnya, para peserta sengaja mengenakan atribut topeng sekura untuk mengenalkan budaya dan tradisi yang di Kabupaten Lampung Barat yakni pesta topeng sekura.  

“Jadi pada lomba senam ini kita menonjolkan budaya yang ada di Lampung Barat yakni mengenakan atribut topeng sekura sebagai wujud kebanggan kita bahwa Lampung Barat kaya akan seni dan budaya warisan leluhur yang masih tetap lestari sampai saat ini,” kata Nezwan.

Disisi lain, melalui momentum peringatan HKN ke-59, UPT Puskesmas Batu Brak terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat serta mengoptimalkan berbagai program kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kepada masyarakat kami juga mengajak untuk dapat berpartisipasi mendorong program germas dengan melaksanakan senam rutin sebagai implementasi dari Germas, seperti lomba senam yang digelar dinkes provinsi lampung ini, yang tujuannya untuk memotivasi dan mendorong masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat salah satunya melalui senam,” harapnya.

BACA JUGA:Dubes Palestina Ceritakan Kondisi di Gaza saat Sholat Jum'at

Menurutnya, senam adalah salah satu cara menjaga kesehatan tanpa mengeluarkan biaya yang besar, karena bisa dimulai dari hal-hal terkecil seperti melakukan aktifitas fisik. 

“Harapannya kita semua bisa menjadi kader penggerak pada kegiatan senam ini, dengan memberikan contoh kepada masyarakat serta dapat mengkampanyekan kembali di lingkungannya masing-masing untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar hidup sehat,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: