Semarak 2 Syawal, Pesta Topeng Sekura Digelar di Empat Lokasi

Semarak 2 Syawal, Pesta Topeng Sekura Digelar di Empat Lokasi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pesta sekura cakak buah yang menjadi tradisi tahunan di kabupaten Lampung Barat dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H pada dua syawal atau Minggu (4/4/2023) digelar di empat lokasi yakni di Pekon Kenali, Kecamatan Belalau, Pekon Sukabumi Kecamatan Batu Brak dan di kelurahan Way Mengaku dan Pekon Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit.

Tampak, ratusan bahkan hingga ribuan topeng sekura yang terdiri dari berbagai komunitas, serta perwakilan pekon-pekon lainnya sengaja datang bersama-sama memeriahkan pesta yang menjadi tradisi di bumi beguai jejaka sai betik ini.

Seperti di Pekon Sukabumi, kecamatan Baturak tak kurang dari ribuan pengunjung memadati seluruh lingkungan pekon setempat. 

BACA JUGA:Dapunta Pesagi Seminung, Hubungan Lampung, Pasundan, Banten Dalam Sejarah

Pesta sekura tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakan pasca dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Pesta sekura menjadi ajang silaturahmi masyarakat serta sebagai wujud kegembiraan masyarakat dalam merayakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

"Pesta sekura yang menjadi tradisi warisan leluhur tahun ini memang setiap tahunnya kami sambut dengan antusias, karena ini bagian dari kecintaan kami pada salah satu tradisi masyarakat lambar yang harus tetap lestari," ucap Agus salah satu peserta.

BACA JUGA:Jaga Keamanan Pengunjung, Dispar Pesbar Siapkan Penjaga Pantai

Lanjutnya, pesta topeng sekura selain sebagai expresi wujud kegembiraan di hari kemenangan yang bernilai hiburan rakyat ini juga mengandung nilai silaturahmi antar masyarakat. 

Karena pada momentum ini banyak sanak-saudara berkumpul untuk menyaksikan.

"Pesta sekura cakak buah bisa dijadikan sebagai momen untuk saling mengunjungi dan saling memaafkan," imbuhnya 

BACA JUGA:Isi Khotbah Shalat IED Bersama Keluarga Besar Kepaksian Buay Bejalan Di Way, Ini Pesan Ketua MUI Lambar

Disisi lain, Ansori salah satu pengunjung asal Kecamatan Sukau mengaku jauh-jauh datang untuk menyaksikan pesta sekura cakak buah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: