Jaga Keamanan Pengunjung, Dispar Pesbar Siapkan Penjaga Pantai

Jaga Keamanan Pengunjung, Dispar Pesbar Siapkan Penjaga Pantai

Suasana libur lebaran 2022 di pantai Labuhan Jukung--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pariwisata (Dispar), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memastikan siaga di sejumlah lokasi wisata selama libur lebaran tahun 2023. 

Bahkan Dispar akan menyiagakan lifeguard atau penjaga pantai di sejumlah titik.

BACA JUGA:Isi Khotbah Shalat IED Bersama Keluarga Besar Kepaksian Buay Bejalan Di Way, Ini Pesan Ketua MUI Lambar

Sekretaris Dispar Pesbar Mardiansyah mendampingi Kadispar Pesbar I Nyoman Setiawan, S.E., mengatakan, hari ini sejumlah lokasi wisata akan mulai dipadati oleh wisatawan yang berasal dari berbagai daerah di sekitar Kabupaten Pesbar. 

"Bahkan wisatawan asal Kabupaten Pesbar juga kita perkirakan akan memadati lokasi wisata yang ada di kabupaten ini, terutama pada pemudik yang tengah pulang dari rantauan pada momen lebaran tahun ini," kata dia.

BACA JUGA:1 Syawal, Pekon Muarajaya II Gelar Tradisi Sekura Cakak Buah

Dijelaskannya, lokasi wisata pantai di Kabupaten Pesbar cukup rawan bahkan sering menelan korban jiwa saat momen-momen hari besar, karena padatnya pengunjung dan ada yang sampe nekat mandi di laut bahkan di lokasi tersebut dilarang.

"Kita tetap mengimbau dan tidak memperbolehkan wisata untuk mandi dan berenang di pantai, terutama pantai yang selama ini sering menelan korban jiwa," jelasnya.

BACA JUGA:Ripzon Efendi: Selamat Hari Raya Idul Fitri 144 Hijriah

Menurutnya, untuk mengantisipasi adanya korban kecelakaan laut dan mencegah adanya korban jiwa, pihaknya telah menyiagakan penjaga pantai yang siap terjun ke laut jika memang dibutuhkan. 

"Kita telah menyiagakan penjaga pantai untuk mengamankan pengunjung agar jika ada yang hanyut terbawa ombak mereka bisa langsung melakukan penyelamatan," ujarnya.

BACA JUGA:128 Orang WBP Rutan Kelas IIB Krui Terima Remisi Idul Fitri, Satu Diantara Langsung Bebas

Selain itu, dalam mengamankan lokasi wisata seperti di Pantai Labuhan Jukung, Pos Basarnas Tanggamus juga akan ambil bagian untuk membantu melakukan pengamanan dan mencegah adanya korban jiwa.

"Kita juga akan dibantu oleh Pos Basarnas Tanggamus untuk mengamankan pantai labuhan jukung, kita harap tidak ada pengunjung yang sampai menjadi korban hanyut di laut Kabupaten Pesbar selama libur lebaran tahun ini," harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: