Hadapi Mudik, Lubang Jalan Nasional Ditutup 100 Persen - Alat Berat Disiagakan

Hadapi Mudik, Lubang Jalan Nasional Ditutup 100 Persen - Alat Berat Disiagakan

Kepala DPUPR Lambar Ir. Hi. Ansari--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR), terus meningkatkan koordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) terkait dengan kesiapan Jalan Nasional dalam menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran hari raya idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

Kepala DPUPR Lambar Hi. Ansari mengungkapkan, berdasarkan hasil koordinasi yang dilakukan pihaknya, selama arus mudik dan arus balik lebaran akan dibentuk Posko PU dan akan menempatkan petugas untuk Piket jaga.

BACA JUGA:Dandim 0422/LB Serahkan Zakat Maal, Infaq dan Shodaqoh ke BAZNAS Lambar

"Selain itu juga akan disiapkan alat disaster relief unit (DRU) atau excavator berikut dengan material pendukung seperti bronjong, agregat dan rambu-rambu, sehingga penanganan ketika terjadi longsor maupun jalan amblas bisa dilakukan dengan cepat," ungkap Ansari.

Selanjutnya, kata dia, terkait dengan kondisi jalan berlubang di sejumlah titik jalan nasional, seperti di Kecamatan Batu Brak, Belalau dan Sumberjaya, pihak BPJN akan menangani secara keseluruhan sebelum arus mudik dan arus balik berlangsung.

BACA JUGA:PHU Kemenag Lambar Ingatkan CJH Segera Proses dan Kumpulkan Paspor

"Pihak BPJN akan menutup 100% lubang kerusakan jalan di jalan nasional, sehingga bisa kami sampaikan bahwa untuk menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran jalan nasional mulus dan nyaman dilalui," ujarnya.

Selain itu, kata Ansari, untuk titik-titik longsor akan tetap dikerjakan karena kontraktual masih dalam proses lama (bornield) dan penguatan marka-marka jalan karena hanya menggunakan satu jalur di titik longsor.

BACA JUGA:Polres Pesbar Sosialisasikan Penerimaan Anggota Polri di SMAN 1 Pesisir Tengah

"Selain itu BPJN juga akan terus berkoordinasi dengan PUPR Lampung Barat dan BMBK terkait pengamanan kondisi jalan di masa lebaran," jelas Ansari

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik dengan menggunakan jalur Lambar untuk tetap berhati-hati, selain karena memiliki banyak tikungan tajam yang rawan kecelakaan lalu lintas juga rawan terjadi longsor dan pohon tumbang.

BACA JUGA:Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten MAN 1 Lambar Dibuka

"Imbauan kami ketika cuaca tidak mendukung seperti hujan deras disertai angin agar masyarakat bisa menunda perjalanan, mengingat rawan longsor dan pohon tumbang," pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: