PHU Kemenag Lambar Ingatkan CJH Segera Proses dan Kumpulkan Paspor

PHU Kemenag Lambar Ingatkan CJH Segera Proses dan Kumpulkan Paspor

Kasi PHU Kankemenag Lambar Drs. Firdaus Sablie --

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Memasuki proses persiapan untuk pemberangkatan haji tahun 2023 di Kabupaten Lampung Barat, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) setempat mengingatkan pada seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) agar segera melengkapi administrasi. 

Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pemberangkatan tahun ini.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kankemenag Lambar Drs. Firdaus Sablie mengatakan, dari sebanyak 700 CJH di Lambar, terhitung baru sekitar 60 persen CJH yang mengumpulkan paspor untuk proses visa.

BACA JUGA:Polres Pesbar Sosialisasikan Penerimaan Anggota Polri di SMAN 1 Pesisir Tengah

“Jadi yang belum memproses paspor atau visa ini masih banyak, sehingga kami imbau kepada seluruh CJH utamanya jemaah yang masuk daftar berhak lunas, sambil menunggu waktu jadwal pelunasan, untuk segera mengurus pembuatan paspor dan bagi yang sudah ada paspor segera diserahkan ke petugas untuk proses visa,” ujarnya.

Sebab, terusnya, pihaknya berkeinginan untuk mempercepat pengumpulan administrasi keperluan haji untuk seluruh CJH. 

Pengumpulan paspor tersebut, agar proses pembuatan visa bisa segera dilakukan. 

BACA JUGA:Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten MAN 1 Lambar Dibuka

“Walaupun waktunya masih cukup lama, namun lebih cepat lebih baik. Jadi bagi yang belum diwajibkan segera membuat paspor untuk kelengkapannya dan mengumpulkan ke pihak Kemenag,” imbuhnya.

Disisi lain, lanjut Firdaus, saat ini telah dibuka jadwal pemeriksaan kesehatan tahap 1 bagi CJH yang dilaksanakan di masing-masing di UPT Puskesmas.

Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pertama, Anamnesa (identitas jemaah haji dan riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik yakni tanda vital (tekanan darah, nadi, pernapasan, suhu tubuh), postur tubuh (tinggi badan, berat badan), dada (thorax) dan perut (abdomen) meliputi paru, jantung dan perut.

BACA JUGA:Sukseskan BPHN Mengasuh, LBH Lambar Beri Penyuluhan Hukum di SMAN 2 Liwa

Selanjutnya, pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium (darah lengkap, golongan darah, rhesus, kimia darah yaitu gula darah puasa, gula darah 2 jam post prandial dan profil lemak), pemeriksaan urine lengkap, tes kehamilan, Rontgen dan EKG (jantung).

“Pemeriksaan kesehatan ini harus dilakukan dan di ikuti oleh seluruh CJH yang dimana kesemuanya bertujuan untuk menjamin kesehatan para jemaah dalam pelaksanaan haji tahun ini,” imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: