Rekrutmen Panwaslu Lampura Kembali Disoal, Surat Kejiwaan Dipatok Tarif Tinggi

Rekrutmen Panwaslu Lampura Kembali Disoal, Surat Kejiwaan Dipatok Tarif Tinggi

Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Lampung Utara. - Foto Dok--

LAMPURA, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Pemeriksaan kejiwaan yang dikoordinir oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) diduga syarat manipulasi. 

Pasalnya, mereka yang ikut, dalam hal ini panwaslu kecamatan sampai dikisaran Rp700 ribu-an/kepala. 

Sementara, untuk jumlah anggota panwas yang diterimanya sendiri sebanyak 69 dari 23 Kecamatan berada di Kabupaten Lampura.

Sementara di lapangan, itu jauh dibawah angka dipatok oleh oknum di Bawaslu Kabupaten Lampura. 

BACA JUGA:Dugaan Intimidasi ke Wartawan saat Meliput, Polda Lampung Sampaikan Permohonan Maaf

Yang mana tarif yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan terpaut cukup jauh dari dipatok bawaslu. Yakni, hanya Rp255 ribu/jiwa, dan untuk paket lengkap Rp500 ribu untuk tiga paket.

"Kalau untuk pemeriksaan itu tarifnya, kalau untuk tiga paket berkisar di Rp599 ribu/kepala," ujar Humas RSJ Kurungan Nyawa, Pesawaran, David melalui sambungan WhatsApp-nya, pada Jumat, 31 Maret 2023.

Kendati demikian, pihaknya belum mendapatkan informasi jika Bawaslu Kabupaten Lampura, melakukan penarikan berkisar Rp700 ribu /kepala.

"Kalau untuk itu,(penarikan 700 ribu/kepala) terus terang saya tidak mengetahuinya. Kita hanya tahu sebesar Rp599 /kepala untuk tiga paket yakni tes kejiwaan, Narkoba, dan kesehatan," bebernya.

BACA JUGA:Prostitusi Terselubung Berkedok Kedai Tuak Digerebek Polisi

Dilain sisi lain,  Komisioner Bawaslu Lampura, Ma'sum Bustomi tak menyangkal itu sengaja dikoordinir untuk mempermudah proses di lapangan. 

Namun dia menyangkal harga ditetapkan, sebab itu diklaim sesuai dengan apa yang sebenarnya diperlukan.

Khusus kejiwaan, kata dia, yang melaksanakan dari RSJ Kurungan Nyawa, Kabupaten Pesawaran.

"Untuk bebas narkoba diperuntukkan bagi PKD yang diterima itu dilaksanakan di Kantor Bawaslu, dan Panwas Kecamatan itu di Stainnu Kotabumi, Lampura. Masing-masing diperiksa dari sana," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: