Dugaan Intimidasi ke Wartawan saat Meliput, Polda Lampung Sampaikan Permohonan Maaf

Dugaan Intimidasi ke Wartawan saat Meliput, Polda Lampung Sampaikan Permohonan Maaf

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kapolda Lampung Irjen Pol Ahkmad Wiyagus melalui Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mendatangi kantor PWI Lampung terkait adanya dugaan intimidasi seorang jurnalis pada saat terjadi unjuk rasa yang di depan gedung DPRD Lampung, Kamis (30/3).

Unras tersebut disampaikan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Lampung Memanggil menyampaikan menyampaikan aspirasi tentang UU Cipta Kerja namun terjadi tindakan anarkis yang mengakibatkan terjadinya ricuh antara pihak keamanan dan para massa aksi. 

Pada saat terjadi kericuhan ini salah seorang jurnalis dari media online fajarsumatera.co.id atas nama Agung Kurniawan yang diduga mengalami intimidasi saat peliputan, Polda Lampung menyampaikan permohonan maaf.

BACA JUGA:Prostitusi Terselubung Berkedok Kedai Tuak Digerebek Polisi

"Di bulan penuh berkah ini kita semua muhasabah diri, saya atas nama Polda Lampung mohon maaf kepada Jurnalis yang diduga mengalami intimidasi anggota yang melakukan pengamanan di lokasi unjuk rasa kemarin," ungkap Kabid Humas.

Kabid Humas juga menjelaskan aparat keamanan tidak akan bertindak apabila aliansi mahasiswa dalam Unras di Aksi Damai nya menolak UU Cipta Kerja dalam keadaan tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan Unras, 

"Saat ini kita harus saling dapat menjaga diri dimana umat Islam tengah menjalankan Ibadah Puasa di bulan Suci Ramadhan 1444 H / Tahun 2023, mari kita saling menjaga hati dan perilaku di tempat umum (ruang publik)," ujarnya.

BACA JUGA:Arinal Sambut Hangat Silaturahmi Danlanal Lampung di Mahan Agung

Pada kesempatan ini pula Wakil Ketua Bidang Pembelaan wartawan PWI Lampung dan selaku Ketua Lembaga Advokasi Konsultan Hukum PWI Lampung Kusma mengungkapkan ucapan terimakasih kepada Polda Lampung dengan kehadiran Kabid Humas Kombes Zahwani Pandra Arsyad di kantor PWI Lampung.

"Saya mengucapkan terimakasih atas respon cepat yang dilakukan Polda Lampung atas peristiwa yang dialami jurnalis fajarsumater.co.id Agung Kurniawan. Semoga kedepannya hal ini tidak terjadi lagi. Polda Lampung selaku mitra PWI Lampung akan selalu menjaga silaturahmi ini terjaga dengan baik," ungkap Kusma.

PWI Lampung meminta kepada Polda Lampung untuk juga menyampaikan kepada anggotanya, bahwa wartawan dalam melakukan kerja jurnalistik juga dilindungi undang-undang.

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Serahkan Rekening Adhoc Pemilu 2024

Tidak diperkenankan merampas peralatan kerja wartawan bahkan sampai meminta menghapus rekaman suara maupun video yang diambil wartawan ketika meliput, sebab itu sama saja mengancam kebebasan pers.

"Ayo kita sama-sama hormati, apa yang sudah disepakati oleh dewan pers dan Polri dalam MoU. Pun PWI dan Polda Lampung dalam perjanjian kerjasama teknis yang baru saja ditandatangani awal bulan ini," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: