Masyarakat Saibatin Lampung

Masyarakat Saibatin Lampung

Menara Siger Lampung-Youtube---

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Saibatin Lampung merupakan suku yang mendiami daerah pesisir Lampung yang terbentang dari barat, selatan hingga ke timur. 

Persebaran masyarakat Saibatin Lampung mencakup wilayah Lampung Barat, Lampung Timur, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesisir Barat, Pesawaran, dan Bandar Lampung.

Masyarakat Saibatin Lampung menganut sistem kekerabatan patrilineal atau mengikuti garis keturunan ayah sebagaimana masyarakat Pepadun. 

BACA JUGA:Pesta Sekura Bakal Digelar di 23 Tempat

Masyarakat Saibatin memiliki kekhasan dalam tatanan adat dan tradisinya. 

Sebelum membahas lebih lanjut mari kita simak penjelasan tentang Saibatin.

Kata “Saibatin” memiliki arti satu junjungan. Makna tersebut dimaksudkan pada tatanan adat dan sosial masyarakat Saibatin Lampung menganggap hanya ada 1 Raja adat dalam setiap generasi. 

BACA JUGA:Tradisi Ngantak Sesuduk Masyarat Saibatin Lampung

Dalam adatnya masyarakat Saibatin Lampung cenderung lebih bersifat aristokratis atau kedudukan mengikuti garis keturunan. 

Lebih lanjut, yang menarik dari masyarakat Saibatin Lampung juga dapat dilihat pada saat dilaksanakannya ritual adat yaitu penggunaan perangkatnya. 

Pada masyarakat Saibatin Lampung, perangkat yang paling menonjol dan menjadi ciri khas adalah mahkota pengantin perempuan atau Siger (sigekh). 

BACA JUGA:Sekura Cakak Buah, Tradisi Khas Saibatin Lambar

Siger Saibatin berbeda dengan siger Pepadun dimana jumlah lekuk pada siger Saibatin berjumlah tujuh lekuk (segekh lekuk pitu). 

Ketujuh lekuk tersebut merupakan representasi tujuh adok atau tujuh kedudukan berdasar keturunan pada masyarakat Saibatin Lampung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: