Sosialisasikan Zakat Fitrah dan Zakat Maal, Pekon Batu Kebayan Gandeng Ustad Jajuli

Sosialisasikan Zakat Fitrah dan Zakat Maal, Pekon Batu Kebayan Gandeng Ustad Jajuli

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebagai salah satu upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai Zakat Fitrah dan Zakat Maal, Pemerintah Pekon Batu Kebayan, Kecamatan Batu Ketulis Kabupaten Lampung barat melaksanakan gelar Sosialisasi Panduan Zakat Fitrah dan Zakat Maal 1443 Hijriyah di Balai pekon setempat, Senin (27/3/2023).

Dalam Kegiatan tersebut pemerintah pekon menghadirkan narasumber ustad Jajuli yang dihadiri Peratin Batu Kebayan Murtoyo, LHP, serta diikuti tokoh agama, guru ngaji dan imam masjid.

BACA JUGA:Peratin Diminta Maksimal Sosialisasikan Larangan Buang Sampah Sembarangan Termasuk Baterai

Membuka kegiatan itu, Peratin Batu Kebayan Murtoyo mengatakan, dengan diadakannya sosialisasi ini pihaknya berharap nantinya masyarakat sebagai pelaksana Zakat dapat memahami aturan aturan dalam pembagian Zakat sesuai Syari’at Islam, karena belakangan ini masih banyak pelaksana Zakat yang tidak mengikuti aturan seperti lebih memberikan Zakat kepada perseorangan daripada kepada pihak-pihak yang telah ditentukan. 

“Sosialisasi ini sengaja dilaksanakan di bulan suci Ramadhan. Tentu, sebagai umat muslim anjuran untuk zakat ialah wajib dan dan untuk memberikan pemahaman lebih jelas mengenai zakat kita hadirkan narasumber yang tentunya memahami aturan-aturan dalam zakat,” tuturnya.

BACA JUGA:Tempat Ibadah Jangan Digunakan Untuk Kampanye Terselubung

Sementara itu, Ustadz Jajuli selaku narasumber menjelaskan bahwa Zakat harta (mal) dalam pengertiannya adalah zakat yang wajib dikeluarkan dari harta seorang muslim apabila sudah mencapai jumlah tertentu (nishab) sedangkan Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan seorang Muslim menjelang hari raya Idul Fitri pada bulan Ramadhan. 

“Sehingga zakat fitrah ini berfungsi sebagai penyuci diri demi kesempurnaan puasa di bulan Ramadhan sedangkan zakat mal berfungsi sebagai penyuci harta benda yang kita miliki,” jelasnya.

BACA JUGA:Terkait Pembelian BBM Bersubsidi Untuk Nelayan, Pastikan Bawa Rekomendasi Asli dari Dinas Perikanan Pesbar

Selanjutnya dengan adanya sosialisasi dirinya berharap dapat menumbuhkan kesadaran bagi umat muslim khususnya di Pekon Batu Kebayan agar memberikan zakat pada pihak yang tepat. Sehingga, pembagian zakat ini dapat lebih terarah dan tepat sasaran.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: