Cegah Abrasi Pantai, 200 Bibit Pohon Ditanam di Pinggir Pantai Tanjung Setia

Cegah Abrasi Pantai, 200 Bibit Pohon Ditanam di Pinggir Pantai Tanjung Setia

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebagai salah satu upaya untuk menghijaukan pantai serta mencegah terjadinya abrasi pantai. 

Pemerintah Pekon Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), bersama Lembaga Himpun Pekon (LHP), masyarakat, serta komunitas surfing Tanjung Setia Board Rider, menanam sedikitnya 200 bibit pohon jenis ketapang dan mutun di pinggir pantai setempat, Senin (20/3).

Peratin Tanjung Setia, Iswandi, mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu upaya bersama, agar kondisi pinggiran pantai khususnya di sepanjang pantai Tanjung Setia itu kedepan bisa lebih asri dan hijau. 

BACA JUGA:Wagub Nunik Buka Festival Literasi, Perpusnas Luncurkan Kartu Sakti

Karena itu, dilakukan penanam bibit pohon yang merupakan tanaman yang tumbuh subur di pinggir pantai yakni jenis pohon ketapang dan pohon mutun.

“Kita siapkan 200 bibit pohon, baik bibit pohon ketapang dan mutun, masing-masing itu sebanyak 100 bibit. Dalam kegiatan penanaman bibit pohon itu berjalan lancar dan tidak ada kendala,” katanya.

Dikatakannya, dirinya berharap kedepan kegiatan penanaman bibit pohon  di pinggir pantai itu dapat terus dilakukan. 

BACA JUGA:Pimpin Upacara Bendera, Babinsa : Stop Aksi Bullying Dilingkungan Sekolah

Sehingga secara bertahap kondisi di sepanjang pinggir pantai Tanjung Setia menghijau. Dengan begitu dapat meminimalisir terjadinya abrasi pantai. 

Mengingat hingga saat ini kondisi abrasi pantai yang terjadi kian mengkhawatirkan.

“Dengan telah dilakukannya penanaman pohon itu kita berharap kepada masyarakat di Pekon Tanjung Setia ini untuk ikut bersama-sama menjaga dan merawatnya,” jelasnya.

BACA JUGA:Arinal Terima Penghargaan Digital Government Award Kategori Penguatan Kebijakan SPBE

Sehingga, kata dia, kedepan kondisi bibit pohon yang telah ditanam itu tetap dalam keadaan baik hingga besar nanti. 

Karena itu untuk kepentingan bersama, artinya akan bermanfaat terhadap masyarakat. Untuk itu, masyarakat di Tanjung setia ini diharapkan bisa ikut mendukung dalam kegiatan penanaman bibit pohon di pinggir pantai tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: