Lampung Dapat Kuota Mudik Lebaran Gratis 220 Penumpang dan 5 Bus

Lampung Dapat Kuota Mudik Lebaran Gratis 220 Penumpang dan 5 Bus

Kepala Dishub Provinsi Lampung Bambang Sumbogo--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 585 bus untuk program Mudik Gratis Lebaran 2023. Program ini untuk mengurangi penggunaan sepeda motor oleh para pemudik.

"Mudik dengan sepeda motor karena berpotensi meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno yang dikutip dari tempo.co.

BACA JUGA:Kasatlantas Polres Pringsewu Ajak Mahasiswa IBN Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Dalam program Mudik Gratis Lebaran 2023, Kemenhub menyediakan 24.072 seat kuota mudik yang terdiri 18.528 untuk mudik Lebaran 2023 (459 bus) dan 5.544 orang untuk arus balik (126 bus).

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan untuk Provinsi Lampung mendapatkan kuota 220 penumpang dan 5 bus.

BACA JUGA:Jelang Bulan Puasa, Pemkab Pesbar Maksimalkan Pengendalian Inflasi

"Untuk mudik gratis tahun ini kuota untuk Lampung ada 5 bus dengan jumlah penumpang 220 orang. Untuk keberangkatan 2 bus dari Kampung Rambutan dan 3 bus dari Pulogebang," kata Bambang, saat dimintai keterangan, Selasa (14/3).

Lanjutnya, progam mudik gratis tersebut biasanya diperuntukkan bagi warga Lampung yang bekerja di Pulau Jawa terutama di daerah Ibu Kota Jakarta.

BACA JUGA:Pemkab Pesbar Terima Penghargaan Universal Health Coverage

"Biasanya ini dari Jakarta untuk karyawan yang mau pulang ke Lampung. Dan biasanya penumpang habis di Rajabasa jadi dia bus nya akan berhenti di terminal Rajabasa," ungkapnya. 

Sementara itu untuk pendaftaran mudik gratis Kemenhub ini hanya dapat dilakukan secara online lewat website mudikgratis.dephub.go.id dan aplikasi MitraDarat. 

BACA JUGA:Tahun Ini, Pemkab Lambar Anggarkan Dana Hibah Rp14,780 Miliar untuk Pemilukada

Adapun, jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 17-19 April 2023 untuk arus mudik dan 27-28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya, yaitu mulai 13 Maret - 14 April 2023. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: