Tidak Melalui e-Warung, Bansos BPNT akan Dibagikan Tunai

Tidak Melalui e-Warung, Bansos BPNT akan Dibagikan Tunai

Ilustrasi-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bantuan Sosial (Bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan dibagikan secara tunai atau tidak lagi melalui e-warung kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Saat ini Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Sosial (Dinsos) bersama Bank Penyalur dalam hal ini Bank Mandiri tengah mempersiapkan untuk proses penyaluran.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Lambar Raden Muhammad Arsyad mengungkapkan, sesuai dengan surat yang diterima dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI, penyaluran Bansos BPNT untuk dua bulan yakni Januari-Februari akan disalurkan secara tunai.

BACA JUGA:Pekon Sukajaya Salurkan Bantuan Kebutuhan Balita Korban Longsor Sidomulyo

"Untuk besaran yang diterima KPM setiap bulannya, yakni Rp200 ribu sehingga KPM akan menerima Rp400 ribu untuk dua bulan Januari dan Februari, hal tersebut sesuai dengan surat dari Kemensos RI," ungkap Arsyad mendampingi Kepala Dinsos Lambar Jaimin, Senin (13/3/2023).

Dikatakan Arsyad, untuk penyalurannya akan dilakukan melalui Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) milik masing-masing KPM. 

Nantinya KPM bisa menarik secara tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau penarikan langsung di Bank Mandiri.

BACA JUGA:Maksimalkan Seluruh Program Kerja, Lintas Sektor Batu Ketulis Gelar Rakor di Atar Kuwau

"Untuk penarikan ATM yang ada pekon-pekon tentu mereka akan mendapatkan potongan biaya administrasi, sementara jika menarik langsung di ATM bank tentu tidak ada, mereka akan menerima secara utuh," kata dia.

Menurut Arsyad, pihaknya telah menjadwalkan untuk melakukan rapat membahas persiapan bersama dengan pihak Bank Mandiri, terlebih ada beberapa KPM yang belum menerima KKS/ATM.

"Secara teknisnya akan kami bahas besok (Selasa) dengan pihak Bank Mandiri, selain karena memang belum ada beberapa KPM belum punya kartu, juga kami mendorong agar penyalurannya segera dilakukan, terlebih target Kemensos RI penyalurannya sebelum bulan puasa," kata dia.

BACA JUGA:Kejar Target 1700 Sertifikat Produk Halal, Kemenag Bahas Persiapan Kampanye Serentak

Sementara itu, disinggung terkait dengan jumlah KPM Bansos BPNT, Arsyad menyebut hingga saat ini pihaknya belum menerima data, namun melihat data sebelumnya jumlah KPM fluktuatif, berkisar di 20 ribu hingga 24 ribu KPM. 

"Harapannya seluruh KPM bisa mendapatkan semua untuk penyaluran kali ini, terlebih mendekati bulan puasa yang diharapkan dana yang diterima akan bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan keluarga," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: