Satgas PB Pekon Batu Kebayan Galang Dana Bantu Para Korban Longsor di Sidomulyo

Satgas PB Pekon Batu Kebayan Galang Dana Bantu Para Korban Longsor di Sidomulyo

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepedulian terhadap korban musibah bencana alam longsor yang terjadi di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat nampak terus mengalir. 

Sejumlah elemen masyarakat hadir untuk memberikan bantuan dan support sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas kemanusiaan guna membantu para pengungsi.

Bantuan itu salah satunya datang dari satgas penanggulangan bencana (PB) dan aparat Pekon Batu Kebayan, Kecamatan Batu Ketulis yang melakukan penggalangan dana secara door to door menyambangi rumah warga setempat.

BACA JUGA:920 Siswa PSHT NIC 068 Lambar Ikuti UKT Sabuk Hijau ke Putih

Peratin Batu Kebayan Murtoyo menyampaikan terima kasih atas inisiatif para satgas PB Pekon dan aparatur Pekon Batu Kebayan yang tergerak hatinya untuk membantu warga yang tertimpa musibah di Pekon Sidomulyo.

“Tentunya kita patut bangga, karena tanpa komando tanpa arahan Satgas PB Pekon dan  aparatur tergerak hatinya untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah bencana alam di pekon sidomulyo. Para satgas PB Pekon tampak semangat menyisiri setiap rumah, bahkan ada satgas wanita yang membawa balita melewati medan jalan yang terjal dan licin untuk membantu menggalang bantuan tersebut,” ujarnya.

Ia berharap dengan solidaritas dan kepedulian bersama, penanganan kerusakan infrastruktur akibat bencana alam itu dapat segera teratasi dan para korban atau pengungsi diberi kesehatan dan dapat kembali tinggal di kediamannya dengan aman.

BACA JUGA:Atasi Kerawanan Lakalantas, Warga Lumbok Seminung Swadaya Lakukan Perbaikan Jalan

“Selain tentunya Kita berharap ada hikmah dibalik musibah yang terjadi dan mudah-mudahan dengan solidaritas kita bersama para ahlul musibah bisa segera kembali ke rumahnya dengan aman, dan dijauhkan dari bencana alam susulan,” harapnya.

Seperti diketahui, Pasca peristiwa bencana tanah longsor dan banjir bandang yang terjadi di Pekon (Desa) Sidomulyo Kecamatan Pagar Dewa pada Kamis (9/03/2023), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Barat mencatat terdapat 741 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

Kepala BPBD Lambar Padang Priyo Utomo menyampaikan bahwa pasca insiden memilukan itu pihaknya selama tiga hari terakhir telah melakukan operasi kemanusiaan dan tanggap darurat untuk memastikan masyarakat yang terdampak bencana alam itu mendapat penanganan yang tepat.

BACA JUGA:Kapolres Tanggamus Janji Tindak Tegas Oknum Pembuang Sampah di Mata Air Batu Kramat

“Kita ingin memastikan bahwa masyarakat yang terdampak bisa mendapatkan pelayanan dasar yang memadai dan memastikan keselamatan jiwa masyarakat yang terdampak dengan melakukan pendataan dan pemetaan area terdampak,” kata Padang.

Pihaknya bersama tim gabungan juga membuat kantong kantong pengungsian atau titik kumpul aman serta dapur umum untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat juga mendistribusikan logistik yang dibutuhkan, selain itu pihaknya juga membagi tim untuk membuka akses jalan penghubung antar pemangku yang sempat terputus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: