Dua Hari Pasca Banjir dan Longsor Sidomulyo, Akses Utama Sudah Terbuka

Dua Hari Pasca Banjir dan Longsor Sidomulyo, Akses Utama Sudah Terbuka

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dua hari pasca musibah banjir dan tanah longsor di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat akibat intensitas hujan yang tinggi. 

Tim gabungan yang dikomandoi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar, Polres Lambar, TNI, Kecamatan Pagar Dewa, Aparat Pekon Sidomulyo terus berupaya maksimal melakukan operasi kemanusiaan dan tanggap darurat untuk memastikan masyarakat terdampak mendapat pelayanan dasar yang memadai serta memastikan keselamatan jiwa masyarakat.

BACA JUGA:Sulpakar Pastikan Ujian Sekolah di SMAN 3 Kotabumi Tetap Berjalan

Kepala BPBD Lambar Padang Prio Utomo, S.H, menyampaikan hingga Sabtu (11/3) tim melakukan pendataan dan pemetaan area terdampak dengan membuat kantong-kantong pengungsian (titik kumpul aman) dan dapur umum untuk kebutuhan masyarakat.

Sekaligus mendistribusikan logistik, membuka akses jalan dan jalur penghubung antar pemangku, melakukan evakuasi kepada masyarakat yang terisolir.

BACA JUGA:Polres Lampura Ringkus Pelaku Pemalsuan SIM

Lebih jauh Padang menyebutkan hingga Sabtu ini, dari enam pemangku yang terdampak ada tiga pemangku yang terisolir yaitu pemangku VII, VIII dan IX. 

"Alhamdulilah hari ini, hari ketiga penanganan tanggap darurat akses utama jalan poros penghubung Sidomulyo-Tanjung Kurung sudah terbuka untuk lalu lintas orang dan barang menggunakan kendaran roda dua (R2)," terangnya.

BACA JUGA:Buka Lomba Mancing, Sekda Pringsewu Ajak Masyarakat Lestarikan Ekosistem Embung

Sementara Tiga jembatan darurat penghubung pemangku VI dan VII. Pemangku VII ke VIII, dan pemangku VIII ke IX sudah selesai kerjakan dan mengatasi keterisolasian daerah tersebut.

"Penangan selanjutnya kami akan memastikan kepada masyarakat utamanya kelompok rentan yaitu Lanjut Usia (Lansia), Ibu Hamil, penyandang difabel tercukupi kebutuhan dasarnya yaitu Logistik permakan, kesehatan dan lainnya," jelas pihaknya 

BACA JUGA:Rangkaian HUT Ke-59 Provinsi Lampung, Pemprov Adakan Pasar Murah dan Bazar UKM

Padang juga menyebutkan untuk tanggap darurat tahap dua secara bertahap BPBD, dan tim melakukan upaya pemulihan psikologis kepada kelompok rentan selama dua hari telah dilakukan oleh Pemkab Lambar, yakni Dinas Kesehatan (Diskes) dan Puskesmas Pagar Dewa bersama Dokkes Polres Lambar yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lambar.

“Kami yang bergerak di titik lokasi adalah tim gabungan yang terdiri dari unsur Pemkab (BPBD, Dinsos, Dinkes, Satpol PP, Kecamatan Pagar Dewa dan Perangkat Pekon Sidomulyo), Unsur Kepolisian Polres Lampung Barat dibantu Personil BKO Brimob Polda Lampung, Unsur Tni Dari Makodim 0422 Lb, Sukarelawan Dari PCNU Pagar Dewa, Pramuka, dan Masyarakat Umum," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: