Buka Lomba Mancing, Sekda Pringsewu Ajak Masyarakat Lestarikan Ekosistem Embung

Buka Lomba Mancing, Sekda Pringsewu Ajak Masyarakat Lestarikan Ekosistem Embung

Caption Masyarakat dapat mengambil ikan di embung namun dengan cara yang tak melanggar. Ini dikatakan sekdakab Heri Iswahyudi saat membuka lomba mancing HUT Pringsewu ke 14 yang digelar dinas PUPR, Sabtu (11/3/2023)--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat diimbau untuk tidak menangkap ikan dengan cara menyetrum atau menggunakan racun.

Selain menyalahi, cara ini juga bisa berdampak buruk pada kelestarian ikan dan ekosistem embung. 

"Saya minta masyarakat turut menjaga  memelihara embung dan ikan yang ada di dalamnya. Silahkan dipancing tapi jangan diputas, disetrum dan sebagainya," pesan sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi didampingi kadis PU Pringsewu Imam Santiko saat lomba memancing mengisi rangkaian HUT kabupaten Pringsewu ke 14.

BACA JUGA:Rangkaian HUT Ke-59 Provinsi Lampung, Pemprov Adakan Pasar Murah dan Bazar UKM

"Saya minta Dinas PUPR bersama pekon setempat menanam tanaman penghijauan di tanggul embung agar tanahnya tidak terkikis. Cari pohon yang akarnya bisa menahan tanah dan tidak merusak tanggul embung, misalnya kelapa gading," pesannya.

Menyinggung lomba yang digelar di as PUPR tersebut menurut Heri menjadi ajang refreshing bagi masyarakat yang menjadi penghobi. 

"Peserta kita harapkan  mensyukuri berdirinya kabupaten Pringsewu, semoga masyarakat makin merasakan manfaat berdirinya kabupaten Pringsewu. Semoga aparatur Pemda kabupaten Pringsewu, mulai dari Bupati hingga kepala pekon, bahkan hingga ketua RT makin baik dalam melayani masyarakat," harapnya.

BACA JUGA:Bupati Way Kanan Tinjau Lokasi Longsor di Banjit, Satu Korban Belum Ditemukan

Dikatakannya di embung Wonodadi Utara Kecamatan Gadingrejo, satu tahun yang lalu bersama para pejabat Pemkab Pringsewu yang dimotori oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu menebar ratusan kilogram Ikan Nila. 

Dimana ikan yang ditebar berasal dari  infaq dari para pejabat yang dikemas dalam kegiatan Jumat Berkah.

"Tapi sayang sekali kegiatan tersebut berhenti, semoga dilakukan lagi," ajaknya.

BACA JUGA:Hadiri Perjusami, Peratin Way Petai: Pramuka Wadah Memperluas Wawasan

Sementara itu kadis PUPR Pringsewu Imam Santiko dan ketua panitia kegiatan  Ahmad Saifudin mengatakan embung Wonodadi Utara yang menjadi lokasi mancing HUT ke 14 Kabupaten Pringsewu selain dapat dimanfaatkan ikannya juga dapat dimanfaatkan menjadi sumber air.

"Pada para peserta lomba tetap menjunjung semangat persatuan dan  kesatuan  serta sportifitas harus  tetap dijunjung tinggi dan terjaga dengan baik. Dan  Embung yang ada harus dimanfaatkan seoptimal mungkin airnya untuk keperluan irigasi pertanian," ajak Imam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: