Bupati Way Kanan Tinjau Lokasi Longsor di Banjit, Satu Korban Belum Ditemukan

Bupati Way Kanan Tinjau Lokasi Longsor di Banjit, Satu Korban Belum Ditemukan

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG,CO.ID - Pemkab Way Kanan yang dibantu TNI-POLRI dan masyarakat terus berupaya mencari dan menemukan korban tanah longsor di Kampung Sumber Sari Banjit yang hingga sore ini belum juga ditemukan. 

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna melalui Kapolsek Banjit Iptu Supriyanto menyampaikan, keprihatinannya atas musibah tersebut, dan berjanji akan terus membantu mencari warga Kampung 

Diterangkan, pada hari Jumat sekitar pukul 10.00 WIB warga Dusun Pati Kampung Sumber Sari yang berjumlah sekitar 15 orang mengadakan gotong royong perbaikan pipa air bersih yang digunakan oleh warga setempat dan sekitar nya untuk keperluan mandi cuci kaki.

BACA JUGA:Hadiri Perjusami, Peratin Way Petai: Pramuka Wadah Memperluas Wawasan

Beberapa saat kemudian terjadi tanah longsor yang menimbun Ngadiyanto dan Siran, 2 orang warga yang saat itu berada dilokasi gotong royong.

Di saat warga sedang berupaya menyelamatkan keduanya, terjadi longsor yang lebih besar, dan akhirnya hanya Ngadiyanto yang berhasil diselamatkan walaupun hanya jasadnya saja karena sudah meninggal dunia sementara Siran belum berhasil ditemukan dan diperkirakan Siran pun sudah meninggal dunia.

Upaya penyelamatan dan Evakuasi korban dari lokasi sangat sulit, karena berada di ketinggian dan bahkan untuk mencapainya sepeda motor pun harus dipasangi rantai pada rodanya, sehingga bantuan pencarian juga sangat sulit dilakukan.

BACA JUGA:Baguna Lambar Salurkan Bantuan Korban Tanah Longsor Sidomulyo

Tanah longsor Akibat hujan yang terus menerus dengan intensitas tinggi juga terjadi di Kampung Jukuh Batu masih di Kecamatan Banjit.

Dimana pada kejadian tersebut juga menelan dua korban jiwa yakni Khotimah (31) bersama anaknya M. Diki Saputra (4), namun kedua korban sudah berhasil ditemukan dan sudah dikuburkan oleh keluarganya. 

Terkait bencana banjir dan tanah longsor yang saat ini melanda Way Kanan, selain langsung turun ke Lapangan untuk melihat langsung kondisi warganya yang terdampak, Bupati Way Kanan Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM., juga telah menerbitkan Surat Edaran No. 360/347/V,05-WK/2023, tentang Pencegahan Dampak bencana alam banjir dan longsor tanggal 9 Maret yang lalu.Tentang Pencegahan Dampak Bencana Alam Banjir dan tanah Longsor, tertanggal 9 Maret 1023.

BACA JUGA:Pekan Fest Ajang Promosi Produk UMKM Pesbar

Bupati Way Kanan menghimbau agar seluruh warga masyarakat untuk menghindari kegiatan yang berdekatan dengan aliran sungai, karena sewaktu-waktu sungai akan merendam daratan yang dapat menyeret apa saja yang dilalui oleh aliran sungai. 

Dan bagi warga yang tinggal dan usahanya berdekatan dengan tepi sungai dan atau tebing yang curam agar selalu waspada dan jika dimungkinkan untuk mengungsi terlebih dahulu ke tempat yang lebih aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: