Sejumlah Sungai Besar Meluap, Kapolres Way Kanan Siagakan Personel

Sejumlah Sungai Besar Meluap, Kapolres Way Kanan Siagakan Personel

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Curah hujan tinggi yang melanda Way Kanan dan sekitarnya, pada Kamis (9/3/2023), berimbas pada meluapnya air sungai di sejumlah wilayah Bumi Ramik Ragom.

Polres Way Kanan pun segera bergerak cepat, guna memastikan berbagai upaya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat.

BACA JUGA:Tunjang Ekonomi Masyarakat, Legislator Lambar Bangun Kemitraan Mandiri

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna mengatakan, bencana alam seperti banjir memang menjadi langganan bagi beberapa kecamatan di Kabupaten Way Kanan setiap tahunnya.

“Kita harus segera mengambil langkah-langkah kongkrit dan bukan hanya retorika melainkan langsung turun ke lapangan,” tegas Teddy. 

BACA JUGA:Lamtim Dukung Program Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar

Lebih lanjut, Teddy mengatakan, ia dan seluruh jajarannya sudah siap siaga mengantisipasi meluapnya sungai-sungai besar di Way Kanan sejak beberapa hari yang lalu.

Mulai dari meluapnya sungai Hanakau di Pakuan Ratu dan Negeri Agung, hingga mulai meluapnya Way Umpu, Way Besai, Way Tahmi dan Way Giham hari ini yang bahkan sudah mencapai badan jembatan yang ada di Jalur Lintas tengah Lintas Sumatera, namun hujan masih terus turun.

BACA JUGA:Lambar akan Dapat Bantuan Kambing

“Kondisi ini sangat membahayakan karena dapat dipastikan ratusan Kampung di Way Kanan yang memang berada di bantaran sungai-sungai besar itu akan terendam, tindakan kami adalah meminta kepada semua Polsek yang wilayahnya terkena banjir untuk terus berpatroli serta berkoordinasi dengan Pihak Kecamatan, kampung serta BPBD dalam hal pengamanan evakuasi serta mensosialisasikan hal ini pada warganya masing-masing,” imbuh Teddy.

Dalam pada itu, saat ini debit air masih terus naik di bagian hilir sungai dan mulai menggenangi sawah dan kebun warga di kelurahan Blambangan Umpu serta Kampung Lembasung.

BACA JUGA:Soal Pembayaran TPP ASN, Pemkab Lambar Tunggu Persetujuan dari Mendagri

Jika di bagian hilir sungai terjadi hujan maka dapat dipastikan beberapa kampung di Kecamatan Negeri Agung, Pakuan Ratu Negeri Besar dan Negara Batin serta Bahuga dan Buay Bahuga akan mengalami kesulitan untuk beberapa hari kedepan karena jalan-jalan akan tergenang air.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Way Kanan, Hendri Syahri, ST, MT, menyatakan telah menyiapkan personilnya untuk memberikan bantuan pada masyarakat yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: