Lamtim Dukung Program Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar

Lamtim Dukung Program Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar

--

LAMTIM, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabupaten Lampung Timur terpilih menjadi salah satu daerah di Lampung yang menjadi lokasi program panen padi Nusantara 1 juta hektar secara serentak di seluruh Indonesia, Kamis 9 Maret 2023.

Di Lamtim program panen padi nusantara itu 1 juta hektar itu dilaksanakan di Desa Balerejo Kecamatan Batanghari.

Kepala Balai Sertifikasi Instrumen Pertanian (BSIP) Lampung Jekvy menjelaskan, secara serentak program panen nusantara 1 juta hektar dilaksanakan di 66 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Lampung dilaksanakan di 3 kabupaten, yaitu Lamtim, Lamteng dan Mesuji.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung diwakili Mukhaila Iriana menjelaskan, produksi padi Provinsi Lampung tahun 2022 mencapai 2.688.180 ton gabah kering giling (GKG) atau meningkat 8,16 persen dibanding 2021.

Dari capaian tersebut, Provinsi Lampung mampu memberikan kontribusi 4,91 persen dari produksi nasional yaitu, 54,74 juta ton GKG.

“Secara nasional, Lampung peringkat 2 di Sumatra dan peringkat 6 nasional,” ujar Mukhaila Iriana. 

Kesempatan yang sama Bupati Lamtim M.Dawam Rahardjo diwakili Asisten Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Lamtim M.Yusuf HR menjelaskan, produksi padi Lamtim di tahun 2022 mencapai 444.283,70 ton gabah kering giling (GKG) atau meningkat 11,8 persen dibanding 2021. 

“Peningkatan ini merupakan terbesar ke 3 di Provinsi Lampung,” jelas M.Yusuf HR didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DKPTPHP) Lamtim Indra Budiman Duki. 

Lebih lanjut M.Yusuf berharap, melalui program panen padi nusantara 1 juta hektar itu, produktivitas padi di Lamtim akan terus meningkat.

“Peningkatan produksi merupakan salah satu target produksi pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan Rakyat Lampung Timur Berjaya,” terang M.Yusuf dalam acara yang juga dihadiri Kepala BPS Lamtim Maryono dan anggota kelompok tani Karya Indah 2 Desa Balerejo.

Ditambahkan, guna mewujudkan program tersebut berbagai upaya telah ditempuh Pemkab Lamtim. Antara lain, dengan melibatkan perangkat daerah terkait guna membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi petani. 

Kemudian, Pemkab Lamtim juga berkolaborasi dan sinergisitas dengan program Pemerintah Provinsi Lampung dalam membantu petani.

”Pemkab Lamtim akan terus berkomitmen memberikan bantuan dan dukungan kepada kelompok tani agar produktivitas lahan dan kesejahteraannya meningkat,” imbuh M.Yusuf dalam acara yang juga dihadiri Sekretaris DKPTPHP Lamtim Irza Murni.

Kepala BPS Lamtim Maryono yang juga hadir dalam acara tersebut menjelaskan, terkait program panen padi nusantara 1 juta hektar, BPS bertugas mengukur hasil panen melalui ubinan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: