Rp2 Miliar untuk Bangun Jembatan Way Ringkih

Rp2 Miliar untuk Bangun Jembatan Way Ringkih

Kabid Bina Marga DPUPR Lambar Robert Putra, S.T, M.T--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lambar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) tahun ini akan membangun jembatan Way Ringkih tepatnya di ruas jalan Bungin-Mutar Alam Kecamatan Gedung Surian.

Untuk membangun jembatan beton tersebut, DPUPR tidak tanggung tanggung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2.2440.000 bersumber dari  APBD Lambar tahun 2023.

BACA JUGA:MIN 1 Lambar Jadi Sampel Penelitian KBM Pra dan Pasca Covid-19 oleh SurveyMETER Yogyakarta

“Iya, jembatan Way Ringkih itu akan dilakukan pembangunan tahun ini dan saat ini kita sedang persiapan untuk proses tender di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Lampung Barat,” ungkap Kabid Bina Marga Robert Putra mendampingi Kepala DPUPR Ansari, Kamis (9/3/2023).

Menurut dia, jembatan tersebut memang layak untuk dilakukan pembangunan, itu mengingat saat ini jembatan tersebut masih terbuat dari papan dan kayu (jembatan darurat) sementara tiap hari jembatan tersebut banyak dilalui kendaraan baik roda dua, roda empat maupun roda enam. 

BACA JUGA:Lantaran Buah Rambutan, Pensiunan PNS Aniaya Adik Sendiri dengan Sajam

“Jembatan tersebut merupakan akses warga di empat kecamatan yaitu Kecamatan Way Tenong, Airhitam, Gedung Surian dan Kecamatan Kebun Tebu,” kata dia seraya menambahkan, rencananya jembatan itu akan dibangun sepanjang 12 meter dan beton.

Robert berharap dengan akan dibangunnya jembatan Way Ringkih tersebut akan memperlancar arus lalu lintas atau angkutan barang dan orang khususnya dalam menghubungkan daerah satu ke daerah lainnya. Selain itu pengguna jalan juga akan merasa aman dan nyaman saat melintas.  

BACA JUGA:Cek Kesiapan Pemilu, Sekretaris KPU Lampung Berkunjung ke Way Kanan

Dilain pihak,  Camat Gedung Surian Tati Sulastri mengatakan, jembatan Way Ringkih Pekon Puramekar Kecamatan Gedung Surian ini setiap harinya dilalui oleh kendaraan bus, kendaraan roda empat dan roda dua sehingga cepat rusak dan untuk saat ini telah dilakukan perbaikan secara swadaya oleh masyarakat.  

“Jembatan Air Ringkih tersebut akan dilakukan pembangunan oleh Pemkab Lambar tahun ini namun sembari menunggu dilakukan pembangunan maka beberapa hari yang lalu kita bersama masyarakat telah melakukan gotong royong,” kata Tati.

BACA JUGA:BPJN Satker Wilayah II Lampung Maksimalkan Penanganan Kerusakan Jalan Liwa-Krui

Tati mengatakan, jembatan Air Ringkih penghubung pekon dan kecamatan tersebut merupakan jembatan yang terbuat dari kayu sehingga perlu dilakukan pembangunan secara permanen demi keamanan dan kenyamanan warga yang melintas.

“Mengingat jembatan ini merupakan akses jalan utama yang biasa digunakan warga, maka sudah selayaknya dibangun oleh pemerintah daerah, dan kita mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang akan melakukan pembangunan jembatan Way Ringkih tahun ini,” pungkas dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: