Cuaca Cerah Dukung Semaraknya Penilaian EPP di Pekon Tiga Jaya dan Padang Tambak

Cuaca Cerah Dukung Semaraknya Penilaian EPP di Pekon Tiga Jaya dan Padang Tambak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.COM - Didukung cuaca yang cerah, pelaksanaan penilaian Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lampung Barat, 2023 di Pekon Tiga Jaya, Kecamatan Sekincau dan Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong berlangsung meriah.

Seperti diketahui sejak pekan kemarin tim EPP Kabupaten Lambar di komandoi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) melakukan tahapan penilaian star dari wilayah timur Kabupaten Lambar.

Dalam penilaian di dua kecamatan terpisah itu Senin (6/3) selain tim kabupaten, turut hadir Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspicam), peratin dan lurah, serta unsur berkompeten lainnya. 

Ketua Rombongan EPP Tingkat Kabupaten Desmon Irawan, S.T mengungkapkan, EPP yang dilaksanakan saat ini merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, dan tingkat provinsi serta puncaknya tingkat nasional.

BACA JUGA:Ini Tiga Poin Ikrar yang Diucapkan Puluhan Siswa SMKN 1 Liwa

EPP adalah evaluasi perkembangan pembangunan atau usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat pekon yang bersangkutan, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan pembangunan pekon yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong masyarakat. 

Dengan diselenggarakannya kegiatan EPP setiap tahunnya, pihaknya berharap kegiatan ini bukan sekedar rutinitas saja, akan tetapi merupakan tolak ukur meningkatkan keberhasilan pembangunan di pekon masing-masing serta menggali potensi potensi sumberdaya yang ada di pekon dengan dilakukannya penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat pekon.

Desmon menghimbau agar pekon berperan aktif dalam segala aspek kegiatan dan program guna mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera, salah satunya adalah keseriusan dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan EPP. 

Lanjut dia, pelaksanaan EPP dapat dilaksanakan dengan petunjuk pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tahun 2023 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 

BACA JUGA:150 Petani di Lambar akan Dapat Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

“Dasar pelaksanaan EPP ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No.81/2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan,” kata dia.

Masih kata dia, EPP dimaksudkan untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah pekon serta mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. 

Selain itu untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing pekon sesuai dengan nilai nilai pancasila. 

Kemudian, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. 

BACA JUGA:Lambar akan Terima 13.214 Dosis Vaksin PMK

Peratin Tiga Jaya Subandi S.E., berharap apa yang telah ditampilkan dalam EPP mampu memberikan dampak yang terbaik untuk kemajuan Pekon Tiga Jaya khususnya dan Kecamatan Sekincau.

"Jika memang apa yang kita laksanakan ini mendapatkan nilai yang baik tentunya kita siap untuk melanjutkan kegiatan ke jenjang berikutnya. Namun demikian semua ini kita serahkan sepenuhnya kepada tim penilai Kabupaten sebab dengan penilaian ada indikator-indikator penilaian," imbuhnya. 

BACA JUGA:Persoalan Lahan Perkebunan Sawit, Camat Minta Warga Tetap Jaga Kondusifitas

Senada juga disampaikan Peratin Padang Tambak Umar Suki, yang menyampaikan terimakasih atas perhatian dan pembinaan dari tim kecamatan sehingga penilaian berlangsung lancar sesuai harapan dan rencana yang telah disiapkan. 

Sekedar diketahui dalam acara itu juga dilaksanakan Bazar hasil UMKM, Bumpekon, dan KWT, dalam rangka mempromosikan produk.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: