Persoalan Lahan Perkebunan Sawit, Camat Minta Warga Tetap Jaga Kondusifitas

Persoalan Lahan Perkebunan Sawit, Camat Minta Warga Tetap Jaga Kondusifitas

Pemkab Pesisir Barat saat menerima perwakilan petani plasma dalam aksi unjuk rasa yang digelar di komplek perkantoran Pemkab setempat, Senin (27/2).--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Mengenai persoalan sengketa lahan perkebunan sawit antara petani plasma dengan pihak PT KCMU, salah satunya yang ada di wilayah Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), diharapkan agar masyarakat setempat agar dapat menjaga kondusifitas serta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya.

Camat Pesisir Selatan, Mirton Setiawan, S.Pd, M.M., mengatakan, Minggu (5/3) kemarin, telah dilaksanakan musyawarah terkait penyelesaian persoalan lahan perkebunan kelapa sawit antara petani plasma dengan pihak PT KCMU. 

BACA JUGA:Gubernur Arinal Buka Rakor TIMPORA Tingkat Provinsi Lampung

Tapi, dalam kegiatan itu sempat terjadi cekcok antara kedua belah pihak. Sehingga, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kedua belah pihak antara perwakilan petani plasma dengan perwakilan PT KCMU menyepakati untuk membuat berita acara musyawarah tersebut.

“Dalam berita acara musyawarah yang dilaksanakan di Balai Pekon Marang itu ada beberapa hal yang disepakati oleh kedua belah pihak,” katanya, Senin (6/3).

BACA JUGA:Bawa Sajam, Satreskrim Polresta Bandar Lampung Amankan 1 Remaja Anggota Tubruk 99

Ditambahkannya, kesepakatan itu antara lain kedua belah pihak harus menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas di lahan sengketa yang berada di atakh kelawi dan simpang lima Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan. 

Kemudian, kedua belah pihak wajib menarik pekerjanya masing-masing di wilayah sengketa tersebut, dan kedua belah pihak sepakat untuk menyerahkan lahan sengketa itu kepada pemerintah Pekon Marang sampai dengan adanya keputusan Pemerintah Daerah atau keputusan dari Kapolres Pesbar.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Simpang Randu-Seputih Surabaya Lamteng Prioritas Pemprov Lampung Tahun Ini

“Untuk itu, kita meminta masyarakat di Kecamatan Pesisir Selatan ini terutama yang ada di Pekon Marang agar tetap menjaga kondusifitas, dan kamtibmas, hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya konflik,” jelasnya.

Masih kata dia, semua persoalan terkait dengan lahan perkebunan sawit antara petani plasma dengan PT KCMU, itu saat ini masih ditangani oleh Pemkab setempat, sesuai dari hasil audiensi perwakilan petani plasma yang melakukan aksi damai ke Pemkab Pesbar beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA:Jadi Pembina Upacara dan Lepas Peserta Lomba Pramuka, Ini Pesan Camat Belalau

Karena itu, pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap menunggu tindak lanjut dari Pemkab setempat.

“Kita berharap kondusifitas wilayah di Kecamatan Pesisir Selatan ini bisa terus terjaga dengan baik. Karena itu peran serta masyarakat dan juga semua pihak sangat diharapkan, karena hal ini juga untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: