Lambar akan Terima 13.214 Dosis Vaksin PMK

Lambar akan Terima 13.214 Dosis Vaksin PMK

Ilustrasi vaksinasi ternak-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabupaten Lambar tahun ini akan mendapatkan bantuan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 13.214 dosis dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung. 

Hal itu diungkapkan Kabid Peternakan Mochamad Budiarto mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lambar Yudha Setiawan, Senin (6/3/2023).

“Untuk vaksin PMK sebanyak 13.214 dosis itu belum kita terima jadi saat ini kita masih menunggu penyaluran dari Pemerintah Provinsi,” kata dia.

BACA JUGA:Persoalan Lahan Perkebunan Sawit, Camat Minta Warga Tetap Jaga Kondusifitas

BACA JUGA:Gubernur Arinal Buka Rakor TIMPORA Tingkat Provinsi Lampung

Pada tahun 2022 lalu, lanjut Budiarto, masih ada sisa vaksin PMK sekitar 2000 dosis sehingga pihaknya saat ini masih gencar melaksanakan vaksinasi pada ternak sapi. 

“Sambil berjalan kita memanfaatkan sisa vaksin PMK tahun 2022 melaksanakan vaksinasi di lapangan,” kata dia     

Dikatakannya, sasaran vaksinasi PMK ini diutamakan untuk ternak sapi. Selain itu juga kambing, kerbau, domba serta binatang kaki empat dan berkuku belah. 

BACA JUGA:Bawa Sajam, Satreskrim Polresta Bandar Lampung Amankan 1 Remaja Anggota Tubruk 99

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Simpang Randu-Seputih Surabaya Lamteng Prioritas Pemprov Lampung Tahun Ini

“Kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah PMK pada ternak. Dengan adanya vaksinasi ini maka akan meningkatkan kekebalan tubuh ternak sehingga tidak rentan terserang penyakit,” kata dia

Melalui vaksinasi ini, lanjut dia, pihaknya berharap dapat membantu mencegah penyebarluasan penyakit PMK di Kabupaten Lambar.

“Dengan adanya vaksinasi PMK ini, kita berharap ternak di Kabupaten Lambar terhindar dari virus PMK. Sejauh ini ternak di Kabupaten Lambar aman dari virus PMK,” pungkas dia.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: