SDN 1 Sinar Luas Tutupi Kerusakan Meubelair dan Dinding RKB Dengan Wallpaper

SDN 1 Sinar Luas Tutupi Kerusakan Meubelair dan Dinding RKB Dengan Wallpaper

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Cukup kreatif upaya pihak SDN 1 Sinar Luas Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat untuk menyamarkan kerusakan sarana prasarana pendidikan.

Pihak sekolah melakukan modifikasi dengan memanfaatkan wallpaper (stiker) dan spanduk untuk menutupi kerusakan dinding maupun kerusakan meja kursi (Meubelair). 

BACA JUGA:Sempat Terhenti, Pengangkutan Sampah Ditarget Selesai Sepekan

Dari pantauan awak media ini saat berkunjung di sekolah tersebut,  kondisi bangunan seperti gedung maupun fasilitas lainnya cukup memprihatinkan dan sangat layak untuk diberikan renovasi.

Seperti bagian atap terlihat di beberapa unit gedung Ruang Kelas Belajar (RKB) dan kantor masih menggunakan atap seng yang kondisinya sudah berkarat termakan usia. 

BACA JUGA:Persiapan Penilaian KLA Tahun 2023, Bupati Tanggamus Buka Rakor Gugus Tugas

Begitu juga dengan kondisi plafon, dinding hingga lantai banyak yang telah mengalami kerusakan termasuk keberadaan mobiler belajar siswa.

Kepala SDN setempat Surneti, S.Pd., atau lebih akrab disapa Bu Encun, mengatakan, jika dilihat dari tingkat kerusakan baik itu kerusakan gedung maupun fasilitas lainnya memang sudah sangat layak untuk diberikan pembangunan ataupun bantuan fasilitas yang baru.

BACA JUGA:Peduli Korban Gempa Cianjur, Pemkab Lambar Salurkan Bantuan Dana Rp116 Juta

Namun, karena usulan untuk harapan tersebut belum direalisasikan sedangkan fasilitas-fasilitas itu tetap digunakan maka pihaknya bersama dewan guru melakukan solusi dengan modifikasi fasilitas yang rusak agar tetap terlihat baik sehingga memberikan rasa betah anak-anak dalam menempuh pendidikan setiap hari. 

"Dengan kami pasang wallpaper di dinding maupun di meja atau kursi, cukup memberikan suasana cantik walaupun sebetulnya pemasangan itu untuk menutupi kerusakan yang terjadi, ibarat nenek-nenek bersolek," ungkap pihaknya. 

BACA JUGA:Hanyut Saat Mandi di Sungai Tahmi, Jasad Bocah 11 Tahun Terseret Arus Sejauh 800 Meter

Pada kesempatan itu Bu Ncun tentunya sangat berharap kepada pemerintah agar apa yang menjadi kebutuhan penunjang pendidikan di SD tersebut dapat direalisasikan, baik itu renovasi gedung-gedung yang sudah mengalami kerusakan maupun pengadaan meja kursi yang memang sudah layak diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: