Pekon Trimulyo Paripurna LKPJ APBP 2022 dan Penetapan APBP 2023

Pekon Trimulyo Paripurna LKPJ APBP 2022 dan Penetapan APBP 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dihadiri Camat Gedung surian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Tati Sulastri, S.Sos, M.M., pemerintahan Pekon Trimulyo, menggelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) Tahun 2022, sekaligus penetapan APBP 2023, Jumat (3/3).

Dalam sambutannya camat memberikan  apresiasi kepada Pekon Trimulyo dengan adanya laporan APBP untuk tahun anggaran  2022 artinya ini adalah bentuk transparansi kepada masyarakat sehingga tidak ada kecurigaan dari pihak manapun dalam pengelolaan anggaran.

BACA JUGA:Diterjang Banjir, Irigasi di Sukamarga Rusak Parah

Begitu juga dengan APBP untuk tahun 2023 diharapkan  benar benar anggaran nya bisa bermanfaat untuk masyarakat yang diprioritaskan untuk menanggulangi kemiskinan  masyarakat, mensejahterakan masyarakat, meningkatkan infrastruktur yang berkualitas dan tangguh bencana dan tentunya tidak keluar dari prinsip dalam penyusunan APBP.

Peratin Buchori, tegaskan dalam acara LKPJ APBP 2022 sudah melalui proses yakni penetapan di bulan Januari dan perubahan di bulan Oktober.

BACA JUGA:Temui Mendag Zulhas, Nukman Minta Dukungan Pengembangan SRG

Dijelaskannya perubahan dimungkinkan karena adanya perubahan kebijakan dari pemerintah pusat, salah satunya akibat pandemi covid-19 yang sudah melanda sedangkan di setiap pekon ada anggaran untuk penanggulangan covid yang 8% tidak terserap semua sehingga harus dianggarkan kembali atau diubah anggarannya yang digunakan untuk penanggulangan inflasi salah satunya adalah untuk kegiatan ketahanan pangan tambahan dari yang sudah ada.

Lanjut Buchori anggaran yang sudah disusun bersama Lembaga Himpun Pekon (LHP) direalisasikan. Ada beberapa yang tersalurkan 100% sesuai anggaran,  ada yang bisa dilakukan penghematan. Sehingga timbullah  sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa). Dimana Silpa tersebut akan dimasukkan dalam APBP tahun selanjutnya.

BACA JUGA:Warga di Tiga Pemangku Berjibaku Bersihkan Longsor yang Timbun Akses Menuju Sulung

Buchori mengucapkan terima kasih kepada LHP dan perangkat pekon serta segenap unsur yang terlibat di mana APBP Trimulyo  2022 dapat terlaksana dengan lancar. Capaian itu semua berkat kerjasama para pihak dalam mensukseskan setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah pekon.

Sekedar diketahui dalam sambutan pengantar APBD tahun 2023 Buchori menyampaikan bahwa anggaran tahun 2023 ini tetap masih akan dianggarkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) amanah pemerintah pusat kemudian di bidang penanggulangan inflasi yaitu untuk ketahanan pangan tetap dianggarkan 20% dengan prioritas yaitu demplot pertanian sayuran dan ternak itik.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Polsek Jati Agung Sapa Warga Desa Sumberjaya

Kemudian ada program baru di tahun 2023 yaitu pemberian seragam pemberian dan pemberian bantuan seragam bagi anak TK dan PAUD yang ada di Trimulyo. Ada anggaran  untuk Posyandu Prima karena Trimulyo merupakan salah satu role model. 

Di mana Posyandu Prima tersebut adalah Posyandu yang dilaksanakan setiap hari dengan mendekatkan unsur pelayanan yang ada di Puskesmas ke pekon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: