Warga di Tiga Pemangku Berjibaku Bersihkan Longsor yang Timbun Akses Menuju Sulung

Warga di Tiga Pemangku Berjibaku Bersihkan Longsor yang Timbun Akses Menuju Sulung

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Warga di tiga pemangku yakni Pemangku Salamrejo, Talang Ilir Pekon Tapaksiring dan Pemangku Mandiangin, Pekon Tebapering, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat berjibaku gotong royong membersihkan material longsor yang menimbun akses utama menuju wilayah setempat, Jum’at (3/3/2023). 

Diketahui, bencana longsor yang terjadi pada Jum’at (3/3/2023) sekitar pukul 07:00 WIB itu menimbun dua titik akses utama menuju wilayah sulung dengan volume sepanjang 10 meter. Setelah ada upaya gotong royong dari masyarakat, aparat pekon dan satgas penanggulangan bencana pekon, kini jalan sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda empat (R4). 

BACA JUGA:Jumat Curhat, Polsek Jati Agung Sapa Warga Desa Sumberjaya

Demikian disampaikan Pj Peratin Tapaksiring Herwanda. Ia mengatakan, cuaca extrim yang berlangsung sejak beberapa pekan terakhir, mengakibatkan terjadinya bencana tebing longsor yang menimbun akses utama menuju pemangu bumirejo pekon setempat.

“Akibat longsor itu akses jalan sempat terhambat, namun berkat upaya gotong royong dari masyarakat di tiga pemangku gabungan dari Pekon Tapaksiring dan tebapering, saat ini jalan sudah dapat dilalui,” ujarnya.

BACA JUGA:Dampingi Mendag, Gubernur Arinal Apresiasi Semua Pihak Sukseskan Rakernas

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk membuka akses jalan tersebut, puluhan warga melakukan gotong royong membersihkan material longsor dengan peralatan manual seperti cangkul dan sekop serta peralatan lainnya.

“Ditengah kondisi cuaca extrim yang masih berlangsung saat ini kami menghimbau agar masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman bencana seperti longsor maupun pohon tumbang,” pesannya.

BACA JUGA:Polres Pesbar Ungkap Kasus Human Trafficking Bermodus Jasa Layanan Seks

Sementara itu, menyikapi cuaca ekstrim ini juga, Camat Sukau Ahmat Sater mengimbau warga di seluruh pekon agar selalu waspada terhadap ancaman bencana longsor dan pohon tumbang.

“Kewaspadaan di tengah cuaca ekstrim saat ini harus terus ditingkatkan, sebab tingginya curah hujan saat ini sangat beresiko menimbulkan bencana longsor maupun pohon tumbang, maka dari itu masyarakat harus selalu waspada terhadap bahaya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pesannya.

BACA JUGA:Kasat Pol PP Lampung Terima Penghargaan Atas Penilaian Keberhasilan Penyelenggaraan Trantibum dan Linmas

Apalagi, kata dia, disebagian besar wilayah Kecamatan Sukau didominasi dengan perbukitan. Sehingga Sukau menjadi wilayah yang rawan bencana seperti bencana longsor yang menimbun akses utama menuju wilayah Sulung atau Bumirejo Pekon Tapaksiring.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: