Banjir Bandang, Ratusan Hektare Tanaman Padi di Lambar Terendam

Banjir Bandang, Ratusan Hektare Tanaman Padi di Lambar Terendam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi sejak Senin malam (27/2/2023), menyebabkan sungai way semangka di Pemangku Kali Bening Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat, meluap dan menyebabkan ratusan hektare (Ha) areal persawahan terendam hingga Selasa siang (28/2/2023).

Camat Suoh Dapet Jakson, S.Sos., yang sempat meninjau langsung dampak banjir bandang yang terjadi mengungkapkan, areal persawahan yang terendam itu dengan kondisi telah ditanami padi dan siap berbunga.

BACA JUGA:Polres Pesisir Barat Gagalkan Penyelundupan Baby Lobster Senilai Rp1 Miliar Lebih

"Ratusan hektare tanaman padi yang sudah mulai bunting dan siap berbunga terendam, tentu kondisi ini dikhawatirkan menyebabkan petani bisa gagal panen, mengingat hingga Selasa siang banjir belum juga surut," ungkap Dapet Jakson.

Meluapnya sungai Way semangka saat setelah hujan deras di wilayah hulu, kata dia, juga diperparah dengan kerusakan tanggul dan menumpuknya sedimen di dasar sungai, sehingga perlu dilakukan kembali normalisasi sungai Way semangka tersebut.

BACA JUGA:Bersihkan Tanah Longsor, Kerahkan Satu Unit Eskavator

"Kalau hujan deras di hulu, sungai Way semangka di Kali Bening meluap dan masuk area persawahan, harapannya memang dibangun tanggul dan juga dilakukan normalisasi sungai, sehingga banjir bandang seperti ini bisa diminimalisir," kata Dapet.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah mendata warga yang terdampak banjir bandang tersebut, serta mendata dampak kerusakan yang terjadi untuk kemudian dilaporkan kepada pihak terkait.

BACA JUGA:Tanah Longsor Kembali Tutup Jalinbar Menuju Bengkulu

"Pada intinya kita berharap banjir bisa seger surut, sehingga tanaman padi warga tidak rusak karena itu menjadi salah satu sumber penghasilan warga. Soal berapa jumlah warga yang terdampak sedang kami data bersama Peratin, nanti akan kami laporkan ke dinas terkait," pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: