Ini Pesan Kapolres Pesbar di Wilayah Konflik Perkebunan Sawit

Ini Pesan Kapolres Pesbar di Wilayah Konflik Perkebunan Sawit

Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra, S.Ik., M.H.--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kapolres Pesisir Barat (Pesbar) AKBP Alsyahendra, S.Ik, M.H., minta seluruh masyarakat terutama petani plasma terkait persoalan lahan perkebunan sawit antara masyarakat dengan pihak PT.KCMU di Kecamatan Pesisir Selatan hingga Kecamatan Bangkunat, agar tetap menjaga kondusifitas wilayahnya.

“Semua pihak diharapkan tetap tenang dan berpikir jernih, sehingga ada jalan keluarnya. Karena memang sejak dulu hingga kini sengketa itu pasti ada, tapi itu pasti ada jalan keluarnya,” kata Alsyahendra, saat audiensi dengan perwakilan masyarakat pada aksi damai di kantor Pemkab setempat, Senin (27/2).

BACA JUGA:Soal Permasalahan Perkebunan Sawit, Pemkab Pesbar Akan Bahas Bersama

Menurutnya, mengenai permasalahan lahan perkebunan sawit PT.KCMU dengan masyarakat petani plasma di Kabupaten Pesbar itu, Polres Pesbar akan menganalisa persoalan tersebut, termasuk mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), dan lainnya yang berkaitan dengan persoalan tersebut. 

Untuk itu, pihaknya minta agar masyarakat, dalam hal ini petani plasma untuk dapat bersabar.

BACA JUGA:Tingkatkan Program KIA dan Imunisasi, Seluruh Bidan Desa Ikuti Bimtek

“Karena untuk penyelesaian masalah juga harus berdasarkan fakta. Untuk itu, masyarakat diharapkan membantu kami, untuk kami membantu masyarakat seperti membantu menyiapkan kebutuhan dokumen awal, surat menyurat, dan sebagainya yang benar-benar berdasarkan fakta,” jelasnya.

Dengan begitu, kata dia, dalam penyelesaian persoalan itu nanti berdasarkan fakta. Pihaknya kembali mengingatkan agar jangan sampai terjadi adanya keributan ataupun gangguan kamtibmas di wilayahnya masing-masing yang berkaitan dengan persoalan lahan perkebunan sawit tersebut. 

BACA JUGA:Pekon Mekar Jaya Siap Dilakukan Penilaian EPP

Tentu dari Polres Pesbar tetap akan menindak tegas jika ada yang memancing keributan ataupun gangguan kamtibmas.

“Polres tetap akan menganalisa dan mempelajari terkait persoalan tersebut, jika terjadi ada ancaman oleh oknum yang tidak bertanggung jawab terhadap petani plasma di lokasi lahan perkebunan sawit segera disampaikan ke Polsek yang ada di wilayah masing-masing. Jika perlu difoto atau direkam. Saya jamin jika terjadi hal itu, anggota saya diminta untuk merespon cepat,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: