Pohon Tumbang Lumpuhkan Akses Lampung-Bengkulu

Pohon Tumbang Lumpuhkan Akses Lampung-Bengkulu

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDPohon tumbang terjadi di ruas jalan lintas barat (Jalinbar) menuju perbatasan dengan Provinsi Bengkulu, tepatnya di Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, pekon Rata Agung, Kecamatan Lemong pada Kami (2/2/2023) malam sekira pukul 23.30 WIB.

Akibat pohon tumbang tersebut, arus lalulintas dari dua arah baik dari Pesbar menuju Bengkulu ataupun sebaliknya mengalami lumpuh total bahkan antrian kendaraan diperkirakan mencapai lima kilometer.

BACA JUGA:Marak Isu Penculikan Anak, Ini Kata DP3AKB Pesbar

Kepala BPBD Pesbar Mirza Sahri, mengatakan mengetahui adanya pohon tumbang yang menutup akses Jalinbar tersebut, petugas penanggulangan bencana langsung terjun ke titik pohon tumbang tersebut.

“Petugas sudah berada di lokasi untuk melakukan pembersihan pohon tumbang itu, sehingga kendaraan bisa melintas kembali dengan normal,” kata dia.

BACA JUGA:Sambut Kegiatan Musrenbang Kecamatan, Warga Tebaliokh Bersihkan Lingkungan

Dijelaskannya, pembersihan pohon tumbang tersebut memakan waktu yang cukup lama, hal itu karena diameter pohon yang cukup besar yakni mencapai 1,5 meter. Apalagi pohon tersebut menutup badan jalan.

“Karena diameter pohon yang cukup besar, sehingga harus memakan waktu yang cukup lama. Namun, kita pastikan pembersihan pohon tumbang itu selesai hari ini,” jelasnya.

BACA JUGA:Perdana, Polres Pesisir Barat Gelar Jumat Curhat

Menurutnya, pohon tumbang tersebut terjadi akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Pesbar pada kamis malam. Bahkan terdapat sejumlah titik bencana alam di wilayah lainnya.

“Bencana alam akibat hujan deras pada kamis malam itu, hanya pohon tumbang, sedangkan untuk bencana alam lainnya seperti tanah longsor tidak ada laporan,” ujarnya.

BACA JUGA:KKN Unila di Pekon Rigisjaya Ajak Warga Kembali ke Alam

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat di wilayah kabupaten setempat agar lebih waspada terhadap perubahan cuaca, hal itu untuk meminimalisir dampak bencana alam.

“Alhamdulillah, pohon tumbang yang terjadi di dekat perbatasan Lampung-Bengkulu itu tidak memakan korban, hanya saja arus lalulintas yang mengalami kemacetan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: