Ternak Ayam Kampung, Program Ketahanan Pangan Pekon Tigajaya Menarik Perhatian

Ternak Ayam Kampung, Program Ketahanan Pangan Pekon Tigajaya Menarik Perhatian

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Program Ketahanan Pangan melalui Dana Desa (DD) bidang hewani yang digulirkan oleh Pemerintah Pekon Tigajaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Tahun Anggaran (TA) 2022 lalu, mulai menampakkan hasil.

Seperti diketahui dalam pemanfaatan DD untuk program Ketahanan Pangan pekon yang dipimpin Peratin Subandi, S.E., tersebut kembangkan ternak kambing sebanyak 12 ekor dan ayam kampung penggemukan sebanyak 1.500 ekor.

Dari kunjungan media ini di lokasi kandang penggemukan ayam yang dikembangkan oleh kelompok masyarakat. 

BACA JUGA:Pekan Depan, Musrenbang Kecamatan akan Mulai Digelar

BACA JUGA:Disiram Rp35 Miliar, Ruas Jalan Provinsi di Lambar akan Ditangani

Terlihat ribuan ayam kampung tersebut tumbuh dengan gemuk dan sehat, yang diprediksi satu bulan kedepan sudah layak jual.

Keberhasilan peternakan itu, tak lepas dari keseriusan warga dalam pemeliharaan dengan konsep pakan yang baik dan kandang yang sehat. 

Peratin Subandi mengatakan, dalam prosesnya peternakan itu akan terus dikembangkan, dimana hasil penjualan akan dibelanjakan kembali.

BACA JUGA:Berhasil Gagalkan Penyelundupan Benur, Polres Lambar Terima Penghargaan BKIPM

BACA JUGA:Sering Dikeluhkan, Polisi Akhirnya Tertibkan Pengecor BBM di SPBU Kembahang

Namun dalam regulasinya berkaitan dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang tujuannya untuk Pendapatan Asli Desa (PAD). 

Aparatur pekon setempat Murdazi menambahkan, dalam peternakan tidak ada kendala, hanya saja kedepannya untuk pengembangan lebih besar lagi perlu penambahan kandang. 

Karena itu diharapkan ada dorongan bantuan stimulus dari Pemkab Lambar sehingga usaha peternakan ayam kampung betul-betul menjadi usaha baru di pekon tersebut.

BACA JUGA:Tahun Ini, DTPH Lambar Targetkan Produksi Padi 129.062 Ton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: