Tangkap Peluang dan Potensi Pengembangan Kawasan Metropolitan Lampung Raya

Tangkap Peluang dan Potensi Pengembangan Kawasan Metropolitan Lampung Raya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Salah satu upaya mewujudkan Metropolitan Lampung Raya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar Seminar Nasional bertema "Bersama Membangun Menuju Lampung Berjaya" di Hotel Novotel, Rabu (25/1).

Wakili Gubernur, Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto berharap seminar tersebut dapat dimaknai untuk membangun Lampung Berjaya upaya bersama. 

"Saya berharap seminar ini paling tidak dapat dimaknai bahwa untuk membangun Provinsi Lampung yang Berjaya adalah upaya bersama," ungkapnya. 

BACA JUGA:Kondisi Jalan di Suoh Kerap Memicu Lakalantas

Lanjutnya melalui Perda No.12/2019 tentang Revisi RTRW, Provinsi Lampung berupaya mengendalikan pertumbuhan ruang yang dinamis guna mewujudkan Kawasan Strategis Provinsi Lampung.

"Pemerintah juga berperan untuk melaksanakan fungsi koordinasi dalam koridor Kerja Sama Antar-Daerah (KAD)," terangnya. 

BACA JUGA:Gubernur Lampung Hadiri Pengajian Akbar di Pesisir Barat

Lanjutnya, untuk mewujudkan dan melaksanakan fungsi koordinasi dalam koridor KAD, diperlukan kerjasama guna memfasilitasi dua atau lebih daerah yang berbatasan untuk menyelenggarakan urusan yang memiliki eksternalitas lintas daerah dan untuk menyediakan layanan publik yang lebih efisien apabila dikelola bersama.

"Kerja sama antardaerah sangat dibutuhkan untuk mengatasi problematika khas perkotaan, menghapus kesenjangan antar wilayah, dan mencapai kemajuan pembangunan dalam mewujudkan rakyat," terangnya. 

BACA JUGA:Komitmen Bersama Menuju WBK dan WBBM, Rutan Kota Agung Canangkan Zona Integritas Tahun 2023

Fahrizal berharap seminar dapat menangkap peluang dan potensi pengembangan kawasan Metropolitan Lampung Raya dan membuahkan hasil dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) demi kemajuan Provinsi Lampung. 

Seminar digagas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung bekerja sama dengan Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) Lampung dan Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Lampung

BACA JUGA:Apa Itu Lead Generation? Ini Penjelasannya

Sementara itu,  Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Nasional Mulyadi Irsan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui upaya untuk mewujudkan Metropolitan Lampung  Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: