Pemprov Lampung Pastikan Distribusi Air Persawahan Tetap Merata

Pemprov Lampung Pastikan Distribusi Air Persawahan Tetap Merata

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung pastikan distribusi air kepada lahan produktif seperti persawahan petani tetap merata dengan berkoordinasi ke Kabupaten/kota guna mengantisipasi terjadinya kekeringan. 

"Kita ditingkat provinsi kan ada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA). Mereka pasti akan melakukan pengadaan air di daerah-daerah yang rawan terjadi kekeringan," kata Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) Provinsi Lampung, Kusnardi, Selasa (17/1).

BACA JUGA:Harga Sejumlah Kebutuhan Naik, Cabai Rawit 'Merajai' di Harga Rp50.000/Kg

Ia mengatakan saat ada beberapa bendungan yang terus dijaga debit air nya hingga ke level aman. Sehingga air yang terdistribusi ke saluran di daerah yang dialiri bisa sampai ke hilir. 

"Bendungan juga menjadi salah satu langkah pengadaan sumber air khususnya untuk petani. Dimana bendungan ada beberapa yang sudah beroperasi seperti Bendungan Way Sekampung, Bendungan Batu Tegi," jelasnya. 

BACA JUGA:Prayitno Akan Usut Pelaku Pengrusakan Banner Ucapan HUT PDIP

Ia mengatakan pada tahun 2022 kemarin petani yang ada di Provinsi Lampung tidak ada yang mengalami kekeringan hingga menyebabkan gagal panen.

"Di 2022 kemarin justru Lanina jadi tidak terjadi kekeringan. Pada tahun 2023 ini biasanya panen raya berada di bulan Februari hingga Mei sedangkan untuk musim kemarau biasanya terjadi nanti di bulan Juli," terangnya. 

BACA JUGA:Kepergok Buang BB, Seorang Kurir Sabu Akhirnya Ditangkap Polisi

Ia mengungkapkan, petani harus mengetahui jatah penggunaan air. Selain itu para petani juga harus mulai melakukan antisipasi ketika musim kemarau tiba.

"Kita juga akan lihat jatah air nya seperti apa, butuhnya berapa jadi jelas dan terukur. Petani sebenarnya tidak perlu sawahnya harus tergenang air, asal teraliri dengan rutin maka sudah cukup baik," pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: