Pembangunan Irigasi Selesai, Pasokan Air Petani di Pekon Watas Meningkat

Pembangunan Irigasi Selesai, Pasokan Air Petani di Pekon Watas Meningkat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Program peningkatan saluran irigasi pracetak yang diprogramkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWS-MS) di Pekon Watas Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat telah rampung.

Dengan selesainya pembangunan saluran irigasi dengan total alokasi anggaran sebesar Rp195 Juta di wilayah Pemangku Watas Timur dan Pemangku Bayur itu kini memudahkan petani dalam memenuhi pasokan air.

BACA JUGA:Awal Tahun 2023, Tiga ASN Lambar Ajukan Permohonan Izin Cerai

Peratin Watas Mirwan Atmaja A.Ma, didampingi kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) menjelaskan sebagai salah satu wilayah yang memiliki areal persawahan, ketersediaan sarana prasarana pendukung seperti saluran irigasi sangat dibutuhkan. 

Sehingga, di tahun anggaran 2022 lalu pihaknya mendapat program peningkatan saluran irigasi yang diprogramkan BBWS-MS.

“Atas nama pemerintah pekon kami mengucapkan terimakasih kepada BBWS Mesuji- Sekampung yang telah memberikan akses peningkatan saluran irigasi pertanian di wilayah ini,” harapnya.

BACA JUGA:Jelang Kunjungan Gubernur, Pemkab Lambar Gelar Rapat

Mirwan berharap dengan pembangunan irigasi pertanian ini dapat meningkatkan pendapatan di sektor pertanian serta sektor sektor lainnya. 

“Kami minta semua warga yang tergabung dalam perkumpulan pemanfaat air agar dapat merawat hasil pembangunan irigasi ini. Karena yang tadinya pasokan air minim namun berkat pembangunan irigasi ini lebih meningkat,” kata dia.

Disisi lain terkait kualitas pembangunan, dirinya meyakini bahwa hasilnya maksimal mengingat pembangunan irigasi ini melibatkan masyarakat sekitar sebagai penerima manfaat.

BACA JUGA:BPS Lambar Gelar Pelatihan KSA Padi dan Jagung

“Kalau soal kualitas kami yakini sudah bagus karena warga yang tergabung dalam pemanfaat air juga turut andil langsung dalam pelaksanaan pembangunannya. Jadi tidak ada keraguan,” tambah dia.

Sekadar diketahui, di tahun 2022 dalam rangka program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI), BBWS -Mesuji -Sekampung menggulirkan program pembangunan saluran irigasi yang Dimana untuk Kabupaten Lampung Barat salah satunya diterima oleh Pekon Watas.Dalam pelaksanaannya, saluran irigasi itu dibangun dengan sistem beton pracetak.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: