Camat Airhitam Apresiasi Membeludaknya Peserta Musrenbang Pekon Sumberalam

Camat Airhitam Apresiasi Membeludaknya Peserta Musrenbang Pekon Sumberalam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Cukup menarik, Pemerintah Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pekon Usulan 2023 untuk realisasi 2024.

Yang juga disandingkan dengan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Tahun Anggaran 2022 serta penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) 2023 bertempat di balai rakyat, Kamis (12/1).

Pada agenda tahunan yang di hadiri Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., dan jajaran, kantor, dinas instansi, babinsa, bhabinkamtibmas, jajaran LHP, organisasi pekon, serta para tokoh masyarakat, agama dan pemuda menjadikan suasana cukup meriah dengan tingginya jumlah peserta yang hadir untuk mengajukan usulan masing-masing.

Dalam sambutannya Camat Bambang, memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Pekon Sumberalam, yang menjalankan roda pemerintahan pekon cukup maksimal seperti adanya paripurna LKPJ.

BACA JUGA:2023, Pemprov Lampung Alokasikan APBD Rp90,40 Miliar untuk Gaji Tenaga Honorer

Begitu juga keterlibatan semua pihak pekon dalam musrenbang tersebut, hal itu menjadi bukti tingginya peran serta warga dalam kebersamaan membangun pekon baik secara SDM maupun SDA.

Pihaknya menegaskan tujuan dilaksanakan Musrenbang adalah pembahasan dan penyelamatan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan penyepakatan daftar prioritas usulan kegiatan pembangunan pekon tahun berikutnya yang akan diusulkan melalui Musrenbang kecamatan.

"Musrenbang adalah forum musyawarah perencanaan pembangunan desa yang dilaksanakan setiap tahun untuk membahas,mengkaji, menentukan dan menyepakati Rencana Kerja Pembangunan tahun anggaran yang direncanakan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (Stakeholder) dari bawah ke atas," tegasnya.

Ia juga menyebutkan dalam Musrenbang seluruh masyarakat pekon mendapatkan ruang untuk menyampaikan aspirasi dan mengusulkan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan. Inilah yang disebut dengan musyawarah desa yang ideal.

BACA JUGA:Diskopdag Pesbar Data Ulang Pelaku UMKM

Sementara sambutannya Peratin Husain menjelaskan Musrenbang merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana pembangunan Jangka Menengah (RPJM), dalam rangka menghimpun Daftar usulan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024.

Ia memaparkan arah kebijakan pemerintah pekon daripada pembangunan pekon untuk menjawab usulan juga aspirasi masyarakat sebelum pengambilan kebijakan pembangunan untuk tahun 2024.

Arah kebijakan pembangunan yang dimaksud, pertama peningkatan pemerataan pembangunan sarana dan prasarana dasar. Kedua fasilitas program pembangunan di wilayah pemukiman. 

Disebutkannya prioritas anggaran pembangunan. Pertama pembangunan di wilayah Pekon Sumberalam, kedua mendukung prioritas pembangunan nasional seperti Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD), Program Ketahanan Pangan meliputi bidang nabati dan hewani. Kemudian penanggulangan kemiskinan ekstrim, pencegahan dan penanggulangan stunting, pendataan SDGs desa.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: