Akhir Tahun, Pekon Waypetai Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Peternak

Akhir Tahun, Pekon Waypetai Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Peternak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Melalui kegiatan bidang pemberdayaan, tahun 2022, Pemerintah Pekon Waypetai, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kelompok peternak  bidang pemberdayaan yang dilaksanakan di Aula Balai Benih Ikan (BBI) Sumberjaya. 

Kegiatan yang dilaksanakan di penghujung tahun ini  bertemakan  budidaya ternak kambing dan pengelolaan limbah (Pupuk kandang). 

Menghadirkan pemateri Drh Catur Ependi, yang juga dihadiri Camat Sumberjaya Agus Hadi Purnama, S.Ip., dengan peserta warga peternak dan yang tergabung dalam kelompok peternak  di pekon tersebut. 

Ditegaskan Peratin Sutan Sahril pelatihan peningkatan kapasitas kelompok ternak, merupakan upaya dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat di bidang peternakan, seperti halnya menciptakan sistem peternakan yang sehat melalui pola pemeliharaan keberadaan kandang maupun konsumsi pakan yang tepat digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit yang bakal merugi atau berdampak pada kesehatan hewan ternak. 

BACA JUGA:Polda Lampung Siap Amankan Pergantian Tahun

Oleh karena itu pihaknya berharap dengan diadakan pelatihan, kelompok ternak kambing Pekon Waypetai dapat menjadi peternak yang benar-benar produktif,  sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara disampaikan drh Catur, langkah yang dilakukan pemerintah Pekon Waypetai menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kelompok peternak, merupakan upaya yang sangat baik mengingat sekarang ini bidang peternakan seperti halnya ternak kambing semakin diminati masyarakat.

Namun demikian untuk mengantisipasi timbulnya permasalahan sebagaimana yang sempat terjadi Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK).

Di bidang antisipasi terhadap penyakit-penyakit tersebut juga para peternak sedikit banyaknya harus memahami seperti melakukan langkah-langkah preventif selain daripada berkoordinasi dengan petugas yang berkompeten di bidang tersebut.

BACA JUGA:Arinal Serahkan 410 SK PNS kepada CPNS di Lingkungan Pemprov Lampung

"Saya sangat menyebut baik dengan langkah pembinaan seperti ini karena dengan upaya ini masyarakat khususnya para peternak akan lebih memahami dan menguasai sistem peternakan yang baik untuk menghasilkan hewan ternak yang berkualitas dan sehat," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: