Transformasi Pelayanan Pengelola Destinasi Wisata, Hendaknya Hadirkan Layanan Lebih Mudah, Murah dan Cepat

Transformasi Pelayanan Pengelola Destinasi Wisata, Hendaknya Hadirkan Layanan Lebih Mudah, Murah dan Cepat

Kepala Disporapar Lambar, Drs. Dahlin, M.Pd--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menjelang pergantian tahun Januari 2023, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat Drs. Dahlin, M.Pd, menghimbau kepada jajarannya melakukan transformasi layanan di semua lini. 

Hal ini juga disampaikan kepada pengelola destinasi wisata, dan desa wisata yang ada di kabupaten Lampung Barat.

“Sesuai arahan pimpinan saat ini segera bergerak untuk melakukan transformasi layanan,” ungkap Dahlin, Kamis (29/12/2022).

Menurut dia, proses transformasi layanan ini dimulai dengan pengintegrasian terhadap semua lini sehingga pelayanan menjadi lebih cepat.

BACA JUGA:Danrem 043/Gatam Serahkan Rumah Layak Huni Kepada Warga Lamsel

“Dengan pengintegrasian program wisata, maka daya tarik wisata akan meningkat,” ujar dia.

Masih kata dia, daya tarik wisata merupakan faktor kunci yang paling menentukan minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi, tidak terkecuali adalah desa wisata. 

Namun, tanpa adanya pelayanan yang memuaskan yang disertai dengan keramahtamahan (hospitality) maka destinasi wisata dapat diibaratkan sebagai raga tanpa jiwa. 

Dalam bisnis pariwisata, lanjut Dahlin, pelayanan haruslah menjadi dasar dan motivasi utama dari usaha yang dijalankan. 

BACA JUGA:Libur Nataru, Jumlah Kunjungan Wisatawan di Lambar Naik 15 Persen

Semangat melayani dengan mengutamakan kebutuhan pelanggan harus dimiliki oleh seluruh jajaran staf tanpa terkecuali, baik itu top manajer maupun staf operasional, sesuai porsi dan uraian tugas masing-masing. 

“Pelayanan terbaik merupakan upaya optimal yang dapat diupayakan pengelola wisata untuk mewujudkan pengalaman berwisata yang memuaskan,” ucapnya

Untuk itu hal penting yang harus diperhatikan adalah kualitas pelayanan merupakan ukuran seberapa bagus tingkatan layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan artinya kualitas pelayanan artinya kebutuhan dan keinginan tamu atau pengunjung yang ditentukan perusahaan.

BACA JUGA:Baznas Wujudkan Harapan Sarman untuk Miliki Rumah Layak Huni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: