Selain Spot Surfing, Pesisir Selatan Punya Potensi Air Terjun

Selain Spot Surfing, Pesisir Selatan Punya Potensi Air Terjun

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka rencana pengembangan destinasi wisata, Pemerintah Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), meninjau sejumlah titik potensi air terjun yang ada di Kecamatan setempat, Minggu (11/12).

Camat Pesisir Selatan, Mirton Setiawan, S.Pd, M.M., mengatakan, dalam peninjauan wisata salah satunya destinasi air terjun itu sebagai salah satu upaya dalam rangka pengembangan destinasi wisata air terjun tersebut. 

Terlebih, di wilayah ini memiliki salah satu potensi wisata yakni destinasi air terjun yang berpotensi untuk dikembangkan dengan baik.

“Wilayah Kecamatan Pesisir Selatan ini selain ada potensi wisata bahari dan  spot surfing yang menjadi daerah tujuan wisata bagi tamu wisatawan mancanegara, juga memiliki destinasi wisata air terjun,” katanya.

BACA JUGA:Rovie Komsen Bantu Warga Puramekar Buka Akses TPU Pemangku Sidorejo

Menurut Mirton, potensi wisata air terjun  beberapa titik di Pekon Tanjungsetia dan sekitarnya itu terdapat tiga titik lokasi, antara lain air terjun pemandian bidadari, air terjun titik gahung kuya dan air terjun lungum talang kenyanguan. 

Semua itu berada dalam satu wilayah dengan tiga tingkatan, dimana jarak antara air terjun satu dengan lainnya itu sekitar 100 meter lebih.

“Selain potensi air terjun, di lokasi itu juga memiliki potensi repong damar, pemandian dan sebagainya. Sehingga, potensi ini jika dikembangkan tentu akan menjadi salah satu spot yang mampu menyumbang pendapatan daerah,” jelasnya.

Masih kata dia, dalam kunjungan di beberapa titik lokasi air terjun ini juga dihadiri langsung oleh Plt.Asisten III Setdakab Pesbar Drs.Jon Edwar, M.Pd., serta Peratin dari Pekon Sumur Jaya, Tanjung Setia, Pagar Dalam dan Pekon Way Jambu. 

BACA JUGA:10 Destinasi Wisata di Lampung Barat Siap Menyambut Libur Akhir Tahun Anda!

Dengan adanya potensi wisata air terjun tersebut pihaknya berharap bisa menjadi potensi wisata alam bagi pengunjung yang datang ke Kabupaten Pesbar ini.

“Baik wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama bagi wisatawan mancanegara jika tidak musim ombak untuk bermain surfing, maka bisa menjelajahi wisata alam yakni wisata air terjun yang ada di Kecamatan Pesisir Selatan ini,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap ada dukungan dari pihak Kementerian Kehutanan (Kemenhut) dan stakeholder terkait, agar kedepan potensi air terjun itu benar-benar dapat dikembangkan dengan maksimal. 

Karena lokasi wisata air terjun itu berada di daerah kawasan hutan lindung. Sehingga diharapkan kedepan dapat menjadi hutan sosial dan dapat dikelola oleh kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: