Besok, Pembangunan Jembatan Gantung Dimulai, BPBD dan VRI Targetkan Selesai 12 Hari

Besok, Pembangunan Jembatan Gantung Dimulai, BPBD dan VRI Targetkan Selesai 12 Hari

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pembangunan jembatan gantung yang akan menjadi akses penghubung antar Pekon Pagardewa dengan Pekon Sukamulya Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat dimulai besok, Kamis (1/12/2022).

Pembuatan jembatan itu dilakukan secara kolaborasi antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung barat bersama Vertical Rescue Indonesia (VRI).

Dimulainya proses pekerjaan setelah seluruh perlengkapan operasional dan material dinyatakan cukup seperti yang disampaikan Kepala Pelakana BPBD Lambar Padang Prio Utomo, S.H, Rabu (30/11/2022).

Padang menyebut, pada tahap awal pihaknya telah menyelesaikan pembuatan landasan dan kebutuhan lainnya di lokasi.

 BACA JUGA:Sebanyak 222 Perempuan di Lambar Mendaftar Sebagai Petugas Ad Hoc Kecamatan untuk Pemilu 2024

Selanjutnya, pekerjaan yang mulai dilaksanakan Kamis (31/11/2022) adalah pemasangan instalasi jembatan oleh VRI.

“Jadi hari ini tim dari VRI sudah dalam perjalanan menuju ke lambar dengan membawa peralatan yang dibutuhkan, kalau tidak halangan terkait cuaca pekerjaan pembangunan jembatan dimulai besok (Kamis Red) dan kita targetkan pekerjaan selesai maksimal 12 hari kedepan,” kata Padang. 

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam penanganan pasca bencana banjir yang memutus jembatan penghubung antar Pekon Pagardewa dengan pekon sukamulya tersebut, pihaknya bekerjasama dengan VRI untuk membangun akses jembatan yang memadai untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Dalam kerjasama ini, Pemkab Lambar dalam hal ini kami dari BPBD memenuhi kebutuhan operasional tim dan menyediakan material yang dibutuhkan. Sementara tim VRI adalah sebagai tenaga teknis yang didukung dengan perlengkapan mereka yang cukup,” ujarnya.

 BACA JUGA:Terkait Dugaan Korupsi Dana Bimtek, Pejabat DPMP, Camat, DPK, Peratin Hingga Bendahara Telah Diperiksa

Ia berharap pekerjaan dapat selesai sesuai target selama 12 hari kedepan, sehingga mobilitas warga khususnya distribusi barang dan orang lancar dan aman.

”Mudah-mudahan didukung dengan cuaca yang baik sehingga pengerjaan bisa selesai sesuai target yang kita tentukan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Sabtu malam hingga dini hari Minggu (12-13/11/2022) lalu di sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan bencana banjir hingga longsor di Kecamatan Sukau.

Kerusakan parah yang ditimbulkan salah satunya terjadi pada akses Jembatan menuju Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukau, yang putus akibat banjir pada dini sekitar pukul 04:00 WIB. Kondisi itu mengakibatkan mobilitas ratusan warga di Pekon Sukamulya terhambat.

 BACA JUGA:Kapolsek Kedaton Lakukan Penyuluhan Kamtibmas dan Siskamling di Rajabasa Pemuka

Sebelumnya pihak BPBD Lambar telah membuat penyebrangan darurat untuk mendukung kelancaran mobilitas  masyarakat terutama anak-anak sekolah dan logistik. 

Sehingga di lokasi BPBD mengaktifkan posko yang akan beroperasional hingga pembangunan jembatan gantung selesai oleh Vertical Rescue Indonesia. (edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: