Sungai Way Kanan Meluap, Kampung Srimenanti Terendam Banjir Hingga 1 Mater

Sungai Way Kanan Meluap, Kampung Srimenanti Terendam Banjir Hingga 1 Mater

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan terus menerus yang melanda Kabupaten Way Kanan pada Sabtu (12/11) mulai berdampak, jika sebelumnya sungai Hanakau yang meluap, kali ini Sungai Way Kanan yang merupakan gabungan dari Sungai Umpu dan Sungai Way besai beserta puluhan sungai kecil lainnya ikut meluap.

Akibatnya ratusan rumah milik warga di Kampung Srimenanti, Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan, terendam banjir setinggi hampir satu meter. 

“Kampung ini memang setiap tahun selalu kebanjiran, sehingga sejak awal musim hujan kami sudah mulai bersiap, tahun lalu bahkan air mencapai hingga lantai rumah panggung kami, dan bisa jadi tahun ini akan terjadi banjir seperti tahun lalu, karena hujan masih terus turun,” ujar Arisal, warga setempat.

Masih menurut Arisal, bagi masyarakat Srimenanti banjir sudah bukan masalah baru, dan untungnya selama ini debit air belum pernah mencapai lantai rumah panggung akan tetapi bagi warga yang memiliki rumah depok atau berlantai rendah tentu saja sudah langsung mengalami musibah itu. 

BACA JUGA:Pekon Tapaksiring Berduka, Peratin Samsul Hidayah Tutup Usia

Terpisah, Joni warga lainnya menerangkan saat ini diperkiraan ketinggian debit air yang merendam kampung Srimenanti untuk wilayah hulu kampung mencapai ketinggian 1 meter, sedangkan di hilirnya sekitar 80 sampai 90 cm.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan air sungai sudah mulai merendam perkampungan sudah sejak hari rabu yang lalu mas, sempat surut akan tetapi sekarang informasinya dibagian hulu sudah mulai hujan lagi, dan itu sebagai tanda kalau debit air pasti akan naik lagi

“Jadi dengan adanya banjir ini semua aktivitas masyarakat menggunakan perahu karena untuk menggunakan kendaraan darat tidak memungkinkan lagi,” terangnya.

"Secara Ekonomi saat ini sudah banyak lahan perkebunan dan lahan pertanian masyarakat sudah terendam banjir, kita belum bisa perkirakan berapa kerugian warga secara keseluruhan,” imbuh Joni.

BACA JUGA:Isi Waktu Luang, Warga dan Penerima BPNT Pekon Sumberalam Bersihkan TPU

Terpisah, Yuliyus Arifien Jaya, SE., MM., Anggota DPRD kabupaten Way Kanan dari Fraksi PKB menyampaikan keprihatinan atas ujian yang rutin menimpa warga kampung Srimenanti setiap tahun. Terlebih lagi pada bagi pemilik lahan pertanian yang rentan rusak karena terendam air seperti padi, jagung dan ubi kayu.

"Saya telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk memberikan perhatian pada ujian banjir yang dialami warga kampung Srimenanti," ungkapnya. (sah/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: