Ketua Kelompok Tani HKm Sumber Sari Terima Penghargaan Kalpataru dari Gubernur Lampung

Ketua Kelompok Tani HKm Sumber Sari Terima Penghargaan Kalpataru dari Gubernur Lampung

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Kabupaten Lambar patut berbangga. Pasalnya, Ketua Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan (HKm) Sumber Sari, Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lambar, Yayan Supriyadi  meraih penghargaan  kalpataru dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Penghargaan kalpataru tingkat Provinsi Lampung tahun 2022 itu diserahkan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Pemerintah Provinsi Lampung Ir. Kusnadi kepada Ketua Kelompok Tani HKm Sumber Sari Yayan Supriyadi bersamaan dengan acara penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Lampung tahun 2022 yang digelar di Aula Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Provinsi Lampung di Jl. Basuki Rahmat No.10 Teluk Betung, Bandarlampung, Kamis (3/11/2022).

Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Barat Sukimin, S.I.P., M.M., yang ikut serta mendampingi Ketua Kelompok Tani HKm Sumber Sari, Yayan Supriyadi menerima penghargaan kalpataru,  mengungkapkan Kelompok Tani HKm Sumber Sari ditetapkan sebagai penerima Penghargaan Kalpataru tahun 2022 berdasarkan SK Gubernur Lampung Nomor:G/424/V.10/HK/2022 tentang penetapan penerimaan penghargaan kalpataru Provinsi Lampung tahun 2022.

"Selain menerima piagam penghargaan, ketua Kelompok Tani HKm Sumber Sari juga menerima trofi kalpataru dan uang pembinaan," ungkap Sukimin mendampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup M Henry Faisal, S.H, M.H, Kamis (3/11/2022).

BACA JUGA:4 Rumah Warga Pekon Karangagung Terancam Terseret Longsor

Menurut dia, selama ini pihaknya telah melakukan pembinaan dan pengusulan kelompok penerima kalpataru bersama-sama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Liwa. 

"Jadi memang sudah terjalin kerjasama yang baik antara Pemkab Lambar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan KPH Liwa dalam melaksanakan pembinaan dan pengusulan kelompok HKm sebagai calon penerima penghargaan kalpataru baik tingkat provinsi maupun nasional," tegasnya.

Lanjut Sukimin, ada kriteria tertentu satu kelompok diusulkan sebagai penerima penghargaan kalpataru, salah satunya adalah telah melakukan kegiatan nyata di lapangan, salah satunya melakukan kegiatan penanaman tanaman tajuk tinggi yang berdampak pada perbaikan tutupan lahan, peningkatan cadangan air dan juga pengelolaan berbasis organik serta kegiatan yang dilakukan secara ekonomi juga mampu meningkatkan perekonomian kelompok.    

"Dengan berbagai kriteria tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan KPL Liwa mengusulkan Kelompok Tani HKm Sumber Sari dan ternyata  kelompok HKm tersebut berhasil meraih penghargaan kalpataru tingkat Provinsi Lampung tahun 2022," ujar dia.

BACA JUGA:Begini Tahapan dan Cara Daftar Seleksi PPPK di Pemkab Lamsel

Kedepan, ia berharap Kelompok HKm Sumber Sari bisa meraih penghargaan kalpataru tingkat nasional. 

"Kita juga berharap kepada kelompok HKm di Kabupaten Lambar untuk  terus dapat menjaga dan melestarikan hutan," harapnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua Kelompok Tani HKm Sumber Sari Kecamatan Sumberjaya, Yayan Supriyadi mengungkapkan rasa syukurnya atas diraihnya penghargaan Kalpataru tingkat Provinsi Lampung tahun 2022.

"Kita bersyukur kepada Allah SWT karena Kelompok Tani HKm Sumber Sari tahun ini menerima penghargaan kalpataru dari Gubernur Lampung. Kelompok kita satu satunya kelompok tani di Provinsi Lampung yang hari ini menerima penghargaan kalpataru tingkat Provinsi," ungkap Yayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: